Mendagri Desak Daerah Segera Cairkan NPHD Pilkada

Mendagri Desak Daerah Segera Cairkan NPHD Pilkada
PERISTIWA | 8 Juli 2020 17:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengecek persiapan termasuk pencairan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pilkada di Sulawesi Selatan.

Hal itu dilakukan melalui Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Selatan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu (8/7).

"Anggaran itu untuk Sulsel relatif, saya sampaikan relatif ya, baik, artinya sesuai dengan prosedur, 5 tahapan rata-rata di atas 40 persen, saya sampaikan tadi seperti di Gowa, KPU dan Bawaslu Daerah, aparat keamanannya itu semua sudah 100 persen, jadi tidak ada alasan lagi itu tidak kerja," kata Tito.

Dia mengungkapkan, sudah ada beberapa daerah melakukan pencairan hingga 100 persen. Namun, mantan Kapolri itu menambahkan, masih ada daerah yang belum melakukan pencairan NPHD sepenuhnya.

"Sementara ada beberapa yang aparat keamanannya, KPU/Bawaslunya masih 40-40 seperti Selayang, Nah Luwu Utara Bawaslunya yang di bawah 40 persen, 37 atau 31 tadi saya lihat tadi," jelasnya.

Tito berharap dan mendorong setiap Pemda Kabupaten/Kota segera mencairkan anggarannya sesuai NPHD yang telah ditandatangani.

"Sesuaikan dengan NPHD, tadi udah disepakati seperti itu, dan saya minta sisa realisasi anggarannya itu supaya segera untuk diselesaikan, realisasikan," tutupnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri meminta pemerintah daerah segera mencairkan sisa anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) paling lambat 15 Juli.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
AHY dan Cak Imin Bertemu, Demokrat-PKB Sepakat Koalisi 30 Daerah di Pilkada
Jelang Pilkada, Bawaslu Solo Dirikan Posko Pengaduan di 5 Kecamatan
Bawaslu Temukan KTP Anggota TNI-Polri & ASN Dukung Calon Perseorangan di Kapuas Hulu
Gerindra Bakal Konfirmasi PDIP Soal Dukungan Keponakan Prabowo di Pilkada Tangsel
Pertama di Indonesia, KPU-Pemkot Bengkulu Teken MoU Rapid Test untuk 1300 Orang
Bakal Cabup Joune Ganda Ajak Warga Minahasa Utara Bersatu Lawan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami