Mendagri soal isu Anies nyapres: Saya tidak ada urusan sama itu

PERISTIWA | 2 Juli 2018 12:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sempat menyebut Anies Baswedan bukan cuma gubernur DKI tapi juga gubernur Indonesia. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur.

Tjahjo menjelaskan, mengatakan hal tersebut karena sebagai penjaga Ibu Kota negara, Anies tak melarang warga daerah untuk hadir.

"Kalau ingat gubernur dulu, statemen pas Lebaran, mau mudik melarang warga dari daerah datang membawa anggota keluarga atau temannya, ya tidak bisa (dilarang). Ini Ibu Kota negara, ya semua penduduk Indonesia punya hak untuk cari pekerjaan, untuk tinggal, asal memenuhi persyaratan. Kan Pak Anies tidak, menampung semua," ucap Tjahjo di lokasi, Senin (2/7).

Karena itu, dia mengapresiasi Anies, yang melihat DKI itu milik seluruh warga Indonesia.

"Kami mengapresiasi pada Pak Anies bahwa DKI itu milik warga Indonesia, semua orang boleh datang. Kalau mau tinggal harus urus KTP-nya, dia mau tinggal atau sementara. Itu aja kan," jelas Tjahjo.

Saat ditanya apakah pernyataan Tjahjo tersebut sebagai sindiran karena Anies ingin maju di Pilpres 2019, Tjahjo hanya mengatakan "Tanya Pak Anies. Saya tidak ada urusan sama itu. Itu haknya Pak Anies," katanya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/dan)

Baca juga:
Dedi Mulyadi sebut #2019GantiPresiden membuat anti-Jokowi pilih Asyik
Selain Prabowo, PKS pertimbangkan nama Anies diusung jadi capres
Demokrat sebut duet JK-AHY tunggu penjajakan koalisi dan survei internal
Ditelepon dan dapat ucapan selamat, Cagub Lampung Arinal dukung Jokowi di 2019
AHY: Kemenangan Khofifah di Pilgub Jatim untuk bahan Pilpres 2019
Politikus Gerindra sebut pencalonan Prabowo jadi Capres harga mati

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.