Menelusuri Fakta Video Kemunculan Harimau di Hutan Jati Blora

Menelusuri Fakta Video Kemunculan Harimau di Hutan Jati Blora
Ilustrasi. ©WAHYUDI/AFP
NEWS | 1 Januari 2021 15:25 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Kemunculan harimau di hutan jati terekam dalam video berdurasi 30 detik. Informasi yang tersebar, lokasi kemunculan hewan buas tersebut di hutan Blora. Tanpa keterangan yang jelas, video harimau itu terus menyebar dan memunculkan kekhawatiran banyak orang, terlebih warga Blora yang tinggal di sekitar hutan jati.

Beberapa tahun lalu, hutan jati KPH Cepu, Desa Cabak, Kecamatan Jiken, memang pernah dipasang papan informasi soal adanya habitat macan tutul.

"Sepengetahuanku memang dulu ada, macan indukan dan anak-anaknya menyeberangi jalan di pal balon Cabak, tetapi itu dulu. Sudah lama sekali," ujar Abdul (37), salah seorang warga asli Jiken, Kamis (31/12). Dikutip dari Liputan6.com.

Abdul mengaku juga mendapatkan video yang beredar luas tersebut. Tetapi, kata dia, penampakan yang diketahuinya dulu jenisnya macan tutul.

"Beda, itu gede banget, tom-tomi uwong (itu besar sekali, mengerikan orang)," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Purwanto (41), warga lainnya. Dia menyebut dahulu memang banyak harimau yang dilepas di hutan jati Blora. Namun demikian, dirinya tidak bisa memastikan apakah harimau di video benar-benar ada di hutan jati Blora.

Sementara itu, Kurniawan, Asisten Perhutani Desa Cabak memastikan, lokasi kemunculan harimau bukan di kawasan KPH Cepu turut Desa Cabak, Kecamatan Jiken.

"Tidak di wilayah kami, untuk tepatnya saya kurang tahu," kata Kurniawan.

Dirinya mengaku, sejak bertugas di hutan tersebut belum pernah menjumpai satwa harimau.

Disinggung adanya habitat macan tutul seperti di papan informasi yang pernah ada di kawasan hutan setempat, Kurniawan mengaku, tidak mengetahui detail soal hal itu.

"Saya kurang tahu untuk tahun-tahun sebelumnya, karena saya di Cabak baru bulan Maret 2020," katanya.

Hal itu juga diungkapkan Agung, Bidang Pengelolaan Aset KPH Cepu. Dia mengatakan tidak ada harimau di kawasan hutan jati Cepu. Agung juga menyebut, video yang beredar di media sosial itu tampak aneh di bagian akhir, seperti ada perpindahan lokasi. Dapat dipastikan harimau yang muncul di video tersebut bukan di Blora. "Saya berkeyakinan tidak ada di sini," ungkapnya.

Baca juga:
Bocah di Kotawaringin Timur Diselamatkan saat Kakinya Diterkam Buaya
Warga Kotawaringin Timur Serahkan 2 Bayi Beruang Madu ke BKSDA Kalteng
Buaya Muara di Perairan Segara Anakan Cilacap Dievakuasi
Harimau Sumatera Korban Jerat Pemburu Dilepasliarkan di Hutan Riau
Dievakuasi dari Jeratan, Harimau Sumatera Corina Dilepaskan ke Habitatnya

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami