Mengabdi untuk Negara Demi Hari Tua dan Orangtua

Mengabdi untuk Negara Demi Hari Tua dan Orangtua
Tes CPNS di Jakarta. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
PERISTIWA | 21 Februari 2020 07:26 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Mimpi gadis itu sederhana. Usai menyandang gelar sarjana, keinginannya hanya satu, menjadi abdi negara.

Pekerjaan itu cita-citanya sejak lama. Berharap lewat sumbangsih pemikiran membuat Indonesia lebih berjaya.

Dia selalu menunggu pengumuman formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Akhirnya, November 2019 lalu kabar itu muncul.

Ini tahun kedua dia kembali mencoba. Sebelumnya gagal, tetapi dia optimis niatnya mengabdi untuk negeri akan terjadi.

"Ini memang keinginan sendiri. Karena kalau jadi abdi negara itu bisa ngebantu masyarakat. PNS itukan itu lebih ke pelayanan masyarakat dan aku seneng di pelayanan juga terus bisa lebih mengabdi ke negara," kata wanita akrab disapa Ula saat berbincang dengan merdeka.com, (20/2).

Tahun ini, wanita 23 tahun itu mencoba peruntungan dengan melamar posisi asisten apoteker.

Selain ingin berbuat sesuatu untuk negara, Ula memilih profesi menjadi abdi negeri karena menjamin hidupnya sampai tua nanti. "Kalau dilihat dari masa depannya juga menjamin sampai tua, meskipun sudah pensiun nanti," katanya.

Diungkapkan Ula, hal terberat mengikuti seleksi CPNS bukan karena banyaknya peserta. Melainkan soal-soal saat tes kemampuan dasar.

"Perjuangannya ya di tes itu, tesnya sederhana tapi susah buat lolosnya itu, apalagi lolos passing gradenya masing-masing bagian," katanya.

Meski latar belakang pekerjaan kedua orangtuanya bukan pegawai negeri, Ula bersyukur langkahnya mendapat dukungan. Sampai-sampai, dia berniat mencoba kembali bila tes kali ini gagal kedua kalinya.

"Coba terus, karena masih penasaran buat bisa lolos tes CPNS. Apalagi ini didukung orangtua," ujarnya tertawa. Ula sudah menjalani tes pada Kamis (20/2) kemarin.

Meski syarat diminta panitia cukup banyak, para peserta berusaha melengkapinya demi mengikuti seleksi CPNS. Antusias masyarakat Indonesia tidak pernah surut. Padahal formasi kebutuhan tiap instansi sangat sedikit.

Mereka tidak menjadikan hal itu sebagai penghalang. Itu sebabnya, ketika gagal berkali-kali, semakin semangat mencoba lagi.

peserta tes cpns

Baca Selanjutnya: 4 Tahun Ikut tes CPNS...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami