Mengaku Sakit, Sofjan Jacob Tetap Diperiksa Soal Makar

PERISTIWA | 17 Juni 2019 19:32 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya tetap memeriksa mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Mohammad Sofjan Jacob meskipun tersangka makar itu sedang sakit. Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Ya awalnya seperti itu (Sofyan menolak diperiksa karena sakit) ya, tetapi kemudian yang bersangkutan hari ini bisa memberi keterangan begitu ya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (17/6).

Argo menjelaskan, polisi telah memeriksa kesehatan Sofjan. Bahkan, penyidik memberikan waktu kepada Sofjan untuk makan dan beribadah.

"Semuanya kan setiap kita merasa sakit pasti langsung dokter kita datangkan kemudian kita periksa dan kemudian bagaimana dari hasil pemeriksaan kita sampaikan. Akhirnya yang bersangkutan bersedia dimintai keterangan," kata Argo.

Sebelumnya, mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Sofjan Jacob mendadak sakit saat pemeriksaan dirinya atas dugaan makar akan berlangsung di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Hal tersebut dikatakan kuasa hukum Sofjan, Ahmad Yani saat mendampingi kliennya itu.

"Tadi pada waktu proses pemeriksaan awal, dimulai di awal nanya identitas dan lain sebagainya, pada waktu Pak Sofjan diminta apakah bersedia diperiksa atau tidak, Pak Sofjan menyatakan tidak bersedia untuk diperiksa karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan," kata Yani di Mapolda Metro Jaya, Senin (17/6).

Dengan alasan ini, tim dokter dari Polda Metro Jaya pun memeriksa kesehatan Sofjan. Sofjan akhirnya diperiksa oleh dokter umum mengukur denyut jantung dan nadi dan memastikan kondisi Sofjan dalam keadaan sehat dan bisa melanjutkan pemeriksaan.

"Berdasarkan denyut jantung dan nadi, menurut keterangan dokter yang ada di sini bahwa pak Sofjan mudah-mudahan dianggap sehat dan bisa lanjutkan pemeriksaan," katanya.

Baca juga:
Pengacara Klaim Pidato Sofjan Jacob di Kertanegara Tak Penuhi Unsur Makar
Mengaku Sakit, Mantan Kapolda Metro Menolak Diperiksa Terkait Kasus Makar
Mantan Kapolda Metro Jaya Sofjan Jacob Jalani Pemeriksaan Terkait Makar
Diperiksa Kasus Dugaan Makar, Eks Kapolda Metro Penuhi Panggilan Polisi
Sofjan Jacob Dipastikan Hadiri Pemeriksaan Kasus Makar di Polda Metro

(mdk/eko)