Mengantisipasi Munculnya Paham Kekerasan di Dunia Pendidikan

PERISTIWA » MAKASSAR | 3 Mei 2019 18:16 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Pendidikan karakter bagi generasi milenial bisa menjadi benteng munculnya sikap intoleransi dan radikalisme mengarah pada kekerasan. Untuk itu perlu peran semua pihak untuk mengawasi lembaga pendidikan agar tidak disusupi paham-paham menyimpang.

"Karena jangan sampai paham-paham kekerasan itu muncul dari kalangan tenaga pendidik," kata Pengamat Pendidikan Darmaningtyas dalam keteranganya, Jumat (3/5).

Menurutnya, pendidikan karakter itu sebetulnya lebih kepada menciptakan panutan. Dia mencontohkan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti memiliki karakter sangat kuat, meskipun secara formal tingkat pendidikannya tidak terlalu tinggi.

"Nah seperti itu memberikan contoh pada para generasi milenial karena secara tidak langsung karakter itu akan terbentuk pada diri seseorang," ujarnya.

Dia sangat menyesalkan bicara pendidikan karakter justru ada pejabat atau tokoh yang tersandung kasus korupsi. Dengan begitu, lanjutnya, akan susah bagi kaum milenial untuk mencari panutan.

Darmaningtyas mendorong agar generasi milenial mau membaca biografi para tokoh-tokoh atau founding father (pendiri bangsa) seperti Soekarno, Hatta, Syahrir dan sebagainya. Tenaga pendidik juga harus dibekali sehingga bisa memberikan ilmu positif kepada muridnya.

"Saya kira kalau mereka berminat untuk membaca buku atau biografi dari para tokoh-tokoh pendiri bangsa maka secara tidak langsung pendidikan karakter itu akan terbentuk," tuturnya.

Darmaningtyas mengatakan pendidikan karakter pada era sekarang ini harus berlandaskan pada kebudayaan di daerah. Tujuannya, agar generasi milenial bisa mengerti kerena budaya bangsa ini sangat melimpah.

"Sehingga pendidikan karakter itu nantinya akan kembali tumbuh pada jiwa para generasi milenial," tandasnya.

Baca juga:
Polisi Cek CCTV Usai Temukan Fakta Baru Kematian Taruna ATKP Makassar
Guru SMPN 10 Yogyakarta Mengaku Emosi dan Spontan Tendang Siswanya
Telat Masuk Sekolah, Seorang Siswa SMP di Yogya Ditendang Guru
Kasus Siswa SMA Aniaya Kepala Sekolah di Riau Berakhir Damai
Rekonstruksi Kasus Kematian Taruna ATKP Makassar, Polisi Temukan Fakta Baru
Aniaya Kepala Sekolah, Siswa SMA di Riau Jadi Tersangka

(mdk/did)