Mengemis saat lebaran, Purwanto raup Rp 1 juta & beras 50 liter

Mengemis saat lebaran, Purwanto raup Rp 1 juta & beras 50 liter
PERISTIWA | 4 Agustus 2014 15:48 Reporter : Dharmawan Sutanto

Merdeka.com - Mengemis di Jakarta kini jadi cara mudah mengeruk uang di Jakarta. Purwanto (55) memanfaatkan murah hatinya warga selama Ramadan dan Lebaran.

"Lebaran kemarin saya dapat beras dan uang, kalau uang saya dapat sekitar Rp 1 juta, kalau beras ada 50 liter," ujar Purwanto kepada wartawan, Senin (4/8).

Pria yang mempunyai dua orang anak tersebut menambahkan, hasil mengemisnya tersebut langsung dititipkan kepada teman yang sudah dianggapnya sebagai keluarga, saat temannya tersebut pulang kampung ke Brebes, Jawa Tengah.

"Uang dan beras langsung saya kirim lewat teman dua hari yang lalu," tandasnya.

Purwanto yang berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah, menuturkan, awal mula dirinya menjadi pengemis karena tergiur akan ajakan seorang temannya yang lebih dulu terjun sebagai pengemis di ibu kota.

"Teman saya yang ajak, kita berangkat bareng tapi sampai sini (Jakarta) kita pisah," jelasnya.

Namun nahas bagi Pur, saat ini dirinya telah mendekam ke Panti Sosial akibat terjaring razia yang dilakukan Sudin Sosial Jakarta Selatan. Hal tersebut lantas membuatnya tidak kapok dan berniat untuk melanjutkan aktivitasnya sebagai pengemis kelak dia keluar dari panti sosial tersebut.

"Saya di kampung nggak punya apa-apa, jadi saya lebih memilih di sini," pungkasnya. (mdk/ian)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami