Mengintip Hutan Kota Plataran GBK yang akan Diresmikan 19 Desember 2019

PERISTIWA | 14 Desember 2019 20:22 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Hutan Kota by Plataran yang direncanakan dibuka pada tanggal 19 Desember 2019 merupakan taman besar dalam areal bersejarah Gelora Bung Karno yang letaknya di pusat nadi perekonomian Jakarta.

Pantauan dari Merdeka, Sabtu (14/12) sekitar lebih dari 10 pekerja masih dalam pekerjaan proses revitalisasi Hutan Kota Plataran atau HKP ini.

Penanaman sejumlah pohon sudah dilakukan, antara lainnya ada pohon ketapang kencana yang cukup banyak ditemui di sini. Penanaman pohon ini dilakukan agar HKP ini semakin rindang dan sejuk, sehingga orang yang berkunjung pada siang hari dapat merasa nyaman dan tidak kepanasan.

"Tujuh belas Totem didedikasikan untuk para pemimpin dan pionir bangsa. Delapan pohon pulai dan 45 pohon ketapang sebagai lambang untuk merindangkan Jakarta dan GBK khususnya sebagai salah satu paru-paru kota Jakarta," dilansir dalam website GBK dalam penandatanganan Berita Acara antara PPKGBK dengan Plataran Boga Rasa.

©2019 Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari

1 dari 1 halaman

Selain itu, pengunjung akan melihat banyak burung merpati putih yang memang sengaja dilepaskan di Hutan Kota ini. "Iya, punya pelataran, memang dilepas di sini," kata Agus Petugas Keamanan saat ditemui di lokasi, Sabtu (14/12).

Luas hutan kota di kawasan GBK ini mencapai 4,5 hektare. Dengan pembagian 1,3 hektare dikelola Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK). Sedangkan luas 3,2 hektare dikelola oleh Plataran Indonesia.

Masuk kebagian tengah Hutan Kota terdapat sebuah kolam yang masih dalam pengerjaan dan juga jogging track yang nantinya dapat digunakan untuk umum.

2019 Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari

Lalu, bagi masyarakat muslim yang datang ke sini tidak perlu khawatir untuk mencari tempat saolat, karena HKP ini menyediakan musala yang bangunannya cukup unik karena terbuat dari kayu.

HKP ini nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas antara lain restaurant, coffee shop, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Pets Playground, Majapahit Tribute Park, Plataran Putri Dewi Amphitheater, Khatulistiwa Exhibition Deck, Basketball Half Caged Court. (mdk/bal)

Baca juga:
Semarak Suporter Rayakan HUT Persija ke-91 di Stadion Utama GBK
Kompleks GBK Jadi Sasaran Vandalisme Massa Pendemo
Klub Baseball-Softball Sayangkan GBK Keluarkan Izin Balap Mobil
Ini Tanggapan Anies Soal Balapan Mobil di GBK
Balap Mobil di GBK Sudah Kantongi Izin
Khofifah: Stadion GBK Kelak Seperti Old Trafford

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.