Mengintip Panorama Kawah Gunung Api Aktif di Lembata NTT yang Instagramable

PERISTIWA | 30 Agustus 2019 21:02 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Selain dikenal karena tradisi penangkapan ikan paus secara tradisional, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, punya pegunungan api yang unik walaupun berstatus aktif dan waspada, yang kini gencar dipromosikan sebagai tujuan wisata baru oleh pemerintah daerah setempat, yang dinamakan festival tiga gunung.

Salah satu dari tiga gunung itu yakni, Ile werung. Gunung ini mempunyai ketinggian 1000 MDPL, namun untuk melihat secara langsung bentuk dan keindahan kawahnya, pengunjung harus mendaki melalui gunung Mauraja yang juga memiliki 910 MDPL.

Walau jalur pendakian cukup ekstrim dan menantang, namun tidak akan membuat pendaki cepat lelah karena disekelilingnya akan disuguhkan dengan teluk Atadei, maupun perkampungan disekitar gunung yang eksotiknya bisa diabadikan menggunakan ponsel maupun kamera professional.

Pendaki akan dibuat takjub ketika berada di puncak Mauraja. Gunung Ile Werung akan terlihat jelas dengan kawahnya yang menganga lebar. Keindahan gunung ini sangat cocok bagi kaula muda penyuka foto isntagramable. Berfoto ria diatas ketinggian, dengan latar belakang kawah gunung dan laut lepas.

Andri Atagoran, salah satu pendaki yang menemani merdeka.com mendaki puncak Mauraja, Kamis (29/8) kemarin mengaku, panorama ini hanya ada di Kabupaten Lembata. Karena menurutnya, jarang orang bisa melihat dengan jelas kawah dari sebuah gunung api, dari gunung lainnya.

"Perjalanan sekitar satu setengah jaman, medannya cukup ekstrim tapi sangat menantang, terus memang ya butuh tenaga ekstra untuk bisa mencapai puncak dari gunung Ile Mauraja ini. Lelahnya terbayarkan, karena jarang - jarang kita melihat satu kawah gunung dari puncak gunung yang lain, nah ini hanya ada di kabupaten Lembata,” ujarnya.

Untuk mencapai puncak Mauraja, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung juga bisa meminta warga setempat, untuk dijadikan sebagai penunjuk jalur pendakian.

©2019 Merdeka.com

Selain Ile Werung, gunung api aktif yang patut untuk dijelajahi para tracker yakni, gunung Ile Ape dan gunung Batutara. Tiga gunung ini punya keunikan masing-masing misalnya, Batutara yang meletus setiap 20 menit sekali.

Sementara gunung Ile Ape mempunyai kawah berpasir putih dengan luas satu kali lapangan bola kaki. Sedangkan Ile Werung memiliki panorama alam yang eksotis. Terdapat sarang burung walet dan terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga pantai. (mdk/rhm)

Baca juga:
Tarik Turis Asing, Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Candi Borobudur Ditata
Presiden Jokowi Harap Bandara Baru Yogyakarta Dongkrak Kunjungan Turis
1 Oktober, Pemerintah Beri Kemudahan ini untuk Turis Asing Terima Pengembalian PPN
Pengembangan Infrastruktur Geopark Ciletuh Butuh Sentuhan Tangan Pemerintah Pusat
Upaya Hidupkan Lagi Geliat Wisata di Lombok Usai Gempa Dahsyat
Menteri Jonan Sebut Tak Ada Jargas di Bali

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.