Mengintip Sisi Lain Aktivitas Para Menteri Jokowi

PERISTIWA | 24 Juni 2019 06:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Menjadi seorang menteri bukanlah pekerjaan mudah. Seorang menteri mempunyai tugas berat membantu presiden dalam melaksanakan tugas-tugas negara. Namun siapa yang sangka beberapa menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi mahir dalam beberapa bidang di luar pekerjaan sebagai menteri.

Apa saja yang dilakukan para menteri di luar urusan pemerintahan? Merdeka.com merangkum beberapa kegiatan Menteri Jokowi yang jarang diketahui publik:

1 dari 3 halaman

Susi Pujiastuti Pernah Jadi Model

Bak model ternama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berlenggak lenggok di atas catwalk. Aksi Susi di atas catwalk ini bukan kali pertama, Susi pernah tampil sebagai model fashion show Anne Avantie di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019. Susi hadir dengan balutan bustier hitam dan kain tenun ala Anne Avantie sebagai outer cape dan bawahan.

Penampilannya makin keren dengan sepatu boots hak tinggi, ditambah turban dan kacamata hitam. Bertajuk 'Badai Pasti Berlalu' penampilan Susi memiliki misi kemanusiaan. Aksinya ia didedikasikan untuk para nelayan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Jadi Dosen

Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata tidak hanya sibuk mengurus keuangan negara. Dia punya kesibukan lain sebagai seorang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Di sela-sela kesibukannya, Sri Mulyani masih menyempatkan diri menguji sidang skripsi dua mahasiswanya.

"Selain sebagai Menteri Keuangan RI, saya juga masih melaksanakan tugas sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Menjadi pengajar di kampus almamater adalah salah satu kebanggaan tersendiri bagi saya. Hari Selasa 18 Juni 2019, sebagai dosen FEB UI saya menjadi ketua sidang skripsi untuk dua orang mahasiswa," tulis Sri Mulyani di akun instagramnya.

"Senang sekali bisa menguji secara langsung dua orang mahasiswa FEB UI yang cerdas dan energik ini. Saya berharap mereka dapat mengimplementasikan ilmunya untuk kebaikan Indonesia."

3 dari 3 halaman

Bentuk Group Band

Selain disibukkan mengurus negara, menteri-menteri Jokowi ternyata membentuk group band yang di beri nama Elek Yo Band. Terdapat tujuh menteri yang tergabung dalam Elek Yo Band, yakni Kepala Badan Ekonomi dan Industri Kreatif Triawan Munaf bertindak sebagai pemain keyboard, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai bassist, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakari sebagai gitaris dan vokalis utama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai vokalis, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai drummer.

Elok Yo Band pernah tampil di Java Jazz Festival 2018, di JIExpo Kemayoran, ketujuh orang penting di Tanah Air itu kompak mengenakan kemeja polos putih. Memasuki venue, Elek Yo Band, menyapa ratusan penonton yang telah memadati venue acara dengan lantunan lagu "Dia" karya Anji. Tepuk tangan pun langsung menyambut penampilan langka tersebut.

Elok Yo Band juga beraksi di atas panggung saat acara pernikahan anak Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada tahun 2017. Elek Yo Band mempersembahkan beberapa lagu request dari tuan rumah di acara pernikahan yang dihadiri Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Lagu-lagu tersebut antara lain "Rumah Kita", "Ku Tak Bisa", "Balikin" dan "Bento". (mdk/has)

Baca juga:
Cak Imin Rahasiakan Posisi Kursi Menteri Incaran PKB
Rais Aam PBNU Siapkan Kader Terbaik untuk Jadi Menteri di Kabinet Jokowi
Blak-blakan Pendukung Jokowi Minta Jatah Menteri
NU Blak-blakan Minta Jatah Menteri: Dukungan Nahdliyin ke Jokowi Tidak Gratis
Melihat Kembali Jatah Porsi Menteri dari Parpol era Pemerintah Jokowi
4 Pos Menteri Ini Selalu Diisi Politikus, dari Era SBY Sampai Jokowi