Hot Issue

Menguji Keseriusan Pemerintah Terapkan Protokol Penanganan Corona

Menguji Keseriusan Pemerintah Terapkan Protokol Penanganan Corona
PERISTIWA | 13 Maret 2020 18:06 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi telah menyatakan Virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020. Hal itu berdasarkan adanya lebih dari 118.000 kasus penularan di 117 negara.

Indonesia salah satunya. Hingga hari ini, Jumat (13/3), ditemukan 69 kasus positif Corona di Indonesia. Dari jumlah itu, empat diantaranya dinyatakan negatif dan sembuh. Empat di antaranya meninggal dunia.

Indonesia bisa dibilang negara yang 'baru' terjangkit. Sebelum Indonesia, beberapa negara sudah lebih dulu terinfeksi Corona. Ada negara yang cukup 'berhasil' dalam perang melawan Corona. Ambil contoh, Vietnam dan Singapura.

Tiga pekan setelah kasus pertama ditemukan, Vietnam mampu menangani wabah corona. Sejak 13 Februari, tidak ada lagi kasus corona di Vietnam dan 16 orang yang terinfeksi sudah sembuh. Singapura juga punya langkah strategis yang telah diapresiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kuncinya di koordinasi yang solid antara para pemimpin di level pemerintah. Seperti di Vietnam. Menurut dokter Rafi Kot yang terlibat dalam penanganan wabah virus corona di Vietnam, mereka mengadakan pertemuan hampir setiap hari. Untuk menjalankan serangkaian panduan dari pemerintah dan memberi info terbaru.

Di Singapura, ada tiga kunci penting seperti yang diungkap duta besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya. Pertama, transparansi. Secara reguler memberikan informasi kepada masyarakat melalui Kementerian Kesehatan. Informasi satu pintu. Kedua, kekompakan dan kerja sama termasuk dengan negara lain. Ketiga, prosedur yang diambil sesuai dengan standar WHO.

Pemerintah sesungguhnya punya cukup waktu untuk belajar dari negara lain yang berhasil menangani Corona. Bagaimana kenyataannya?

Baca Selanjutnya: Protokol Penanganan Corona...

Halaman

(mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami