Menhub Berharap 500 Jemaah yang Sudah Berangkat ke Arab dapat Izin Umrah

Menhub Berharap 500 Jemaah yang Sudah Berangkat ke Arab dapat Izin Umrah
PERISTIWA | 27 Februari 2020 21:18 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, untuk meminta Arab Saudi menerima kedatangan 500 calon jemaah umrah yang telah berangkat sebelum adanya pengumuman keputusan penghentian penerimaan jemaah Umrah pada Kamis (27/2).

"Tadi memang ada penebangan dari Surabaya, saya lagi memantau penerbangan menuju ke Jeddah. Ada dua penerbangan yang sudah di-accept, satu (maskapai) Garuda satu (maskapai) Lion. Saya sudah laporkan ke Bu Menlu, saya minta tolong kalau yang sudah terbang tolong diterima, supaya mereka bisa ke sana," kata Menteri Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Budi tidak mempermasalahkan jika Pemerintah Arab Saudi hendak melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para calon jemaah Umrah yang telah tiba tersebut.

"Walaupun mereka harus diperiksa kesehatannya, jika dinyatakan sehat maka mudah-mudahan bisa menjalankan ini (ibadah umrah) tuntas, sehingga yang sudah terbang, bisa mendarat dan melaksanakan ibadah umrah di sana," ujar Budi.

Kemenhub juga tengah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Menteri Agama untuk menginventarisir permasalahan-permasalahan yang akan terjadi serta mencari solusi.

"Kita akan adakan rapat koordinasi untuk memetakan apa yang jadi masalah dan mencari jalan keluar, terutama soal maskapai, kalau sudah selesai kita akan klarifikasi juga mengenai visa seperti apa, karena sepertinya ada yang baru sekali kesana kita akan beri perhatian khusus," ucapnya.

Menteri Budi berharap permasalahan terkait virus Corona atau COVID-19 ini dapat segera tertangani sehingga para calon jemaah umrah asal Indonesia dapat kembali menunaikan ibadah.

"Pemerintah pada dasarnya memahami apa yang diputuskan pemerintah Arab Saudi karena ini menyangkut kesehatan umat manusia, khususnya jemaah umrah, untuk itu mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan cepat," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
APII: Ada 14 Jadwal Penerbangan Umrah dari Bandara Soekarno-Hatta, 2 Sudah Berangkat
5 Fakta Nasib Jemaah Gagal Umrah Akibat Pemerintah Saudi Antisipasi Virus Corona
Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta
Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda
Sikap Pemerintah Terkait Saudi Setop Sementara Penerimaan Jemaah Umrah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami