Menhub, Menko PMK dan Menkes Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Merak

PERISTIWA | 1 Juni 2019 18:28 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6). Kunjungan ini untuk meninjau fasilitas angkutan lebaran tahun 2019.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan hasil pengecekan aktivitas arus mudik di Pelabuhan Merak berjalan dengan lancar. Arus lalu lintas menuju pelabuhan terkendali dan fasilitas di pelabuhan cukup baik.

"Tadi sempat berbicara dengan penumpang mereka menyampaikan bahwa tiket untuk kapal eksekutif harga Rp 50 ribu terjangkau dengan fasilitas lumayan baik bagus, menurut saya sehingga mereka merasa kenyamanan mudik tahun ini lebih baik," kata Menko PMK di Pelabuhan Merak.

Sementara, Menkes Nila Moeloek menyampaikan fasilitas kesehatan di Pelabuhan Merak cukup baik, disiagakan 7 posko kesehatan lengkap dengan dokter, perawat dan mobil ambulance.

"Tiketnya sudah elektronik artinya cepat sekali, dengan menggunakan e ktp, membayarnya non tunai, efisiensi, tentu saja karena cash last, waktu juga diharapkan tidak ada antrean panjang," katanya.

Senada dikatakan, Menhub Budi Karya Sumadi, dengan waktu senggang libur cukup lama sehingga pemberangkatan pemudik tersebar mulai dari tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 2019. Ia berharap tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas pada H-4 dan H-3 Lebaran sehingga pemudik mendapatkan pelayanan yang baik.

"Pulangnya (arus balik) nanti menjadi catatan tanggal 8-9 puncaknya saya sarankan kalau mau pulang tanggal 7 atau 10 kalau tanggal 9 akan penuh sekali," katanya.

Pada saat melakukan peninjauan arus mudik di Pelabuhan Merak, Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Puan Maharani dan Menkes Nila Moeloek meninjau dermaga penyeberang dan kapal penumpang. Bahkan pada saat tinjau penumpang, ketiga Menteri Jokowi sempat nge-vlog bareng bersama pemudik di dalam kapal.

Selain itu, tingginya harga tiket pesawat hingga kini masih dikeluhkan masyarakat sehingga terjadi pergeseran angkutan mudik dari udara ke darat. Menanggapi hal ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan semua moda transportasi harus digunakan.

"Ada (perubahan) terutama tolnya keren, pelabuhan keren, karena memang semua moda (transportasi) harus di digunakan," kata Menhub.

Meski demikian, Budi mengatakan pemerintah saat ini sedang berusaha mencari formula untuk mengatasi permasalahan mahalnya harga tiket pesawat.

"Kita akan cari satu solusi proses lebih kompetisinya lebih bagus saya akan laporkan ke Pak Presiden, jika kompetisinya bagus maka harganya akan lebih bagus," katanya.

Baca juga:
Rombongan Mudik Naik Sepeda dari Tangerang ke Pacitan Jawa Timur
Pemudik Istirahat Sejenak di Rest Area KM 228
Suasana Arus Mudik di Terminal Pulogebang
Mudik dengan Mobil Bak Terbuka
Kapolda Metro dan Gubernur Anies Pantau Tol Cikampek-Jagorawi: Jalur Mudik Lancar

(mdk/eko)