Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda

Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda
PERISTIWA | 27 Februari 2020 20:36 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kepada ribuan calon jemaah umrah yang gagal berangkat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/2). Mereka gagal ke Tanah Suci karena moratorium umrah dari Arab Saudi.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan maskapai, travel dan pengelola bandara untuk mencarikan solusi. Hasilnya uang para jemaah akan dikembalikan atau jadwal penerbangan akan diatur ulang.

"Dari diskusi apa yang saya lakukan dengan Angkasa Pura II, maskapai dan travel, keliatannya ke depan ada jalan yang baik, paling tidak saya mencatat dari garuda, memberikan opsi kepada jemaah, dia akan reschedule atau refund," kata Menteri Budi.

Dalam pengecekan tersebut, Budi mengatakan saat ini para calon jemaah umrah sudah difasilitasi dengan baik oleh pihak travel, pengelola bandara maupun maskapai yang berkaitan.

"saya tadi bertemu dengan beberapa calon jemaah umrah, alhamdulillah baik travel atau jemaah menerima, apa yang menjadi kenyataan ini walaupun mereka sedikit kecewa," ujarnya.

Meski belum dapat memastikan jumlah calon jemaah umrah yang hari ini gagal berangkat, namun di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan ada 1.200 calon jemaah yang harus kembali ke kampung halaman.

"Sudah ada tiga rombongan jemaah yang kembali ke kampung halaman masing-masing pada hari ini, yakni dari Yogyakarta dan Lahat, Sumatera Selatan menggunakan pesawat, sementara dari Temanggung menggunakan bus," ungkap Budi. (mdk/cob)

Baca juga:
Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta
Sikap Pemerintah Terkait Saudi Setop Sementara Penerimaan Jemaah Umrah
130 Jemaah di Jateng Gagal Umrah Gara-Gara Moratorium dari Arab Saudi
Amphuri Sarankan Calon Jemaah Menjadwalkan Ulang Perjalanan Umrah
Pemerintah Janji Carikan Solusi Tangkal Kerugian Jemaah Gagal Umrah
Moratorium Umrah Belum Berdampak pada Penerbangan Solo-Madinah
Umrah Dihentikan Sementara, 150 Jemaah Palembang Tertahan di Singapura

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami