Menkes Budi Akui Data Penerima Vaksin Covid-19 Belum Sempurna

Menkes Budi Akui Data Penerima Vaksin Covid-19 Belum Sempurna
PERISTIWA | 14 Januari 2021 11:36 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengakui data penerima vaksin Covid-19 belum sempurna. Sebabnya, pemerintah membuka sambungan telepon kepada masyarakat untuk memperbaiki data.

"Kami paham data ini tidak sempurna, maka kami membuka fasilitas untuk memperbarui data melalui mekanisme call center 119," katanya dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (14/1).

Penerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama merupakan tenaga kesehatan. Kemenkes mengambil data itu dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

Kemudian, data diperiksa kembali dengan data Dukcapil untuk memverifikasi alamat serta nomor telepon genggam. Serta diverifikasi dengan BPJS Kesehatan untuk melihat data komorbid. Tenaga kesehatan penerima vaksin itu kemudian mendapatkan pesan singkat.

"Mengenai data, data ini mulainya dari data SDM yang ada di Kemenkes. Kemudian data itu kita crosscheck dengan data di dukcapil terutama untuk verifikasi alamat juga nomor handphone. Sesudah itu kita crosscheck lagi dengan data di BPJS Kesehatan terutama melihat data-data komorbid," jelas Budi.

Kemenkes juga melakukan jemput bola dengan mendatangi fasilitas kesehatan untuk melakukan verifikasi kembali. Juga menugaskan Dirjen di Kemenkes untuk verifikasi data di Dinas Kesehatan.

"Saya sudah minta semua dirjen kembali melakukan verifikasi melalui dinkes, kita kirimkan data-data yang ada di kita hari ini agar bisa dilakukan verifikasi di level Dinkes," tutup Budi. (mdk/fik)

Baca juga:
Wamenkes: Mudah-mudahan Tak Ada Kejadian Ikutan Setelah Disuntik Vaksin Covid-19
Perwakilan PHDI: Usai Divaksinasi Covid-19, Saya Merasakan Bugar
Menkes Akui Keliru Pakai Ancaman Pidana Agar Warga Ikut Vaksin Covid-19
CEK FAKTA: Tidak Benar Presiden Jokowi Disuntik Vitamin B
CEK FAKTA: Hoaks Pemblokiran ATM dan Rekening Bagi yang Menolak Vaksin
Istana Tegur Raffi Ahmad Karena Tak Jaga Protokol Kesehatan Usai Divaksinasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami