Menkes Nila Moeloek imbau calon haji tak selfie dengan unta

PERISTIWA | 24 Juli 2018 20:00 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan terus memantau kesehatan para calon jamaah haji. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menyatakan prioritas pengawasan diberikan untuk jamaah yang lanjut usia.

"Persiapannya semua bagus kok. Saya sudah baca laporannya. Tetapi, banyak yang mengeluh sakit karena faktor usianya yang sudah tua. Keluhan sakit hipertensi paling banyak ditemukan," kata Nila, usai menghadiri rangkaian kegiatan Kongres Nasional Obstetri dan Ginekologi (KOGI) XVII di Gedung Merapi Kompleks PRPP Semarang, Selasa (24/7).

Ia menambahkan saat ini sudah membentuk tim promotif prefentif untuk menanggulangi keluhan penyakit yang diderita para calon jamaah haji. Setiap kelompok terbang (kloter), akan dikawal untuk diingatkan supaya membawa bekal peralatan medis yang mencukupi selama di Mekkah.

Bekal-bekal yang harus disiapkan itu juga termasuk obat-obatan, sandal dan perlengkapan untuk melindungi diri dari potensi penyakit. "Botol air untuk membasuh muka juga harus disiapkan. Itu semua tugasnya tim promotif prefentif. Selain itu, kita bentuk regu sigap cepat," ungkap Nila.

Sedangkan untuk sarana dan prasarana selama di Mekkah, ia mengungkapkan saat ini sudah selesai dibangun. Sistem kantong kesehatan haji di Mekkah dinilainya sudah berjalan baik.

Hanya saja, Nila mengingatkan kepada para calhaj supaya menghindari kontak fisik maupun selfie dengan unta yang kerap ditemukan di Arab Saudi. "Jauhi untanya. Jangan berfoto dengan unta. Karena liurnya berbahaya dan bisa menularkan meningitis," tutur Nila. (mdk/ded)

Baca juga:
Selama 6 hari, AP II layani pemberangkatan 11.448 calon jemaah haji
Kertas imbauan dibuang, 662 slop rokok calon haji asal Surabaya disita
Gelar pameran, pengusaha travel umrah dan haji Solo incar transaksi Rp 20 M
Sakit, 9 calon haji embarkasi Surabaya ditunda keberangkatannya
328 Jemaah haji Indonesia tersesat di Madinah, rentan jadi korban penipuan
Saudi akan gunakan teknologi digital tangani 4.000 ton sampah per hari selama haji

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.