Menkes Sebut Testing Covid-19 di Indonesia Salah Secara Epidemiologi

Menkes Sebut Testing Covid-19 di Indonesia Salah Secara Epidemiologi
Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 22 Januari 2021 13:27 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menilai, testing Covid-19 berkali-kali saat ini salah secara epidemiologi. Sebab, testing tidak dilakukan terhadap orang-orang baru.

"Cara testingnya salah, testingnya banyak, tapi kok naik terus. Habis dites orang kayak saya setiap kali mau ke Presiden dites Barusan saya diswab. Seminggu bisa 5 kali swab karena masuk Istana. Emang bener gitu? Testing kan enggak gitu harusnya kan," katanya dalam dialog 'Vaksin & Kita' Komite Pemulihan Ekonomi & Transformasi Jabar saat dilihat Jumat (22/1).

Budi mengatakan, testing yang efektif secara epidemiologi bukan tes mandiri. Tetapi, yang harusnya di tes adalah orang suspek Covid-19.

"Testing epidemiologi ya aku diajarin tuh sama temen-temen dokter, bukan testing mandiri. Yang dites tuh orang yang suspek, bukan orang yang mau pergi kayak Budi Sadikin mau ngadep Presiden. Nanti 5 kali (dites) standar WHO kepenuhi tuh, 1 per 1.000 per minggu, tapi enggak ada gunanya testingnya secara epidemiologi," tuturnya.

Menurut Eks Wakil Menteri BUMN ini, cara tersebut harus dibenahi perihal 3T (testing, tracing, treatment). Dia berharap, kerja sama semua pihak bisa lancar dalam urusan 3T.

"Hal hal yang gitu-gitu yang mesti diberesin. Sebagian ada di tempat saya urusan testing tracingnya. Karena sekarang kan puskesmas tidak di bawah saya padahal saya harus pakai itu puskesmas," kata Budi.

"Gubernur bisa bilang, bukan di bawah saya juga itu, di bawah bupati wali kota. Kan jadi tambah complicated ini dengan UU Otonomi Daerah," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Pemprov DKI Beli 5 Lahan Pemakaman Baru, Diprioritaskan Untuk Jenazah Covid-19
China Laporkan 103 Kasus Baru Covid-19, Beijing Gelar Tes Massal
Bos BI Sebut Pandemi Covid-19 Percepat Digitalisasi Ekonomi
Keterisian RS Rujukan Covid-19 Tangerang Lebih dari 90 Persen
Gisella Anastasia Jalani Isolasi Mandiri, Gempi Beri Pesan Menyentuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami