Menkes Sentil BPJS: Segala yang Membuat Masyarakat Tidak Nyaman Dibenahi

Menkes Sentil BPJS: Segala yang Membuat Masyarakat Tidak Nyaman Dibenahi
Menkes Budi Gunadi Sadikin Raker dengan Komisi IX DPR. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 27 Juli 2022 19:31 Reporter : Alma Fikhasari

Merdeka.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman untuk segera dibenahi. Salah satunya adalah soal pendaftaran pasien BPJS Kesehatan yang biasanya antre lama

Dia menekankan agar pelayanan BPJS Kesehatan harus mempermudah masyarakat.

“Dengan demikian antrean masyarakat tidak terlalu lama lagi. Saya ingin segala yang membuat masyarakat tidak nyaman itu seperti antrean pendaftaran BPJS Kesehatan, parkir, dan nanti berikutnya kebersihan segera dibenahi,” kata Budi, saat melakukan peninjauan ke RSUP. Dr. Mohammad Hosein Palembang, Rabu (27/7).

2 dari 2 halaman

Hal ini sejalan dengan transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh Budi, ada 6 pilar transformasi kesehatan yang diinisiasi.

Diantaranya Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan. Itu adalah 6 kerangka besar yang akan dikejar sampai tahun 2024.

Pembenahan pelayanan antrean di rumah sakit merupakan bentuk transformasi kesehatan di pilar kedua yakni transformasi layanan rujukan.

"Pada transformasi ini tidak hanya fokus pada pemenuhan fasilitas dan alat kesehatan untuk mengatasi berbagai penyakit, tetapi juga untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan tanpa antre dalam waktu yang lama," ucapnya.

Pada kunjungannya ke RSUP. Dr. Mohammad Hosein, Budi pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak rumah sakit. Terutama dalam hal mengatasi antrean BPJS Kesehatan.

“Tadi saya sengaja mau melihat yang menjadi masalah di rumah sakit yaitu antrean pelayanan poliklinik BPJS Kesehatan. Namun saya telah melihat inovasi rumah sakit untuk mengatasi antrean yang banyak (antrean pendaftaran, antrean cari dokter, antrean Lab, dan antrean apotek). RSUP. Dr. Mohammad Hosein sudah merapikan masalah antrean jadi lebih pendek dan beberapa sudah dibuat dengan sistem online atau digital,” tutup Budi. (mdk/fik)

Baca juga:
Kemenkes Prediksi Tak Ada Gelombang Keempat Covid-19
Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Ini Strategi Pemerintah
Menko PMK Perintahkan Menkes Antisipasi Wabah Cacar Monyet
Pemerintah Pertimbangkan Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat untuk Nakes
Menkes: Hasil Pemeriksaan Sembilan Suspek Cacar Monyet Negatif
Menkes Budi: Vaksin Cacar Efektif Lindungi dari Risiko Cacar Monyet
Kasus Covid-19 Meningkat, Menkes Minta Masyarakat Tidak Khawatir

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini