Menkes: Strategi Ngadepin Pandemi Tak Hanya Vaksin & Rumah Sakit, Itu Mah Udah Telat

Menkes: Strategi Ngadepin Pandemi Tak Hanya Vaksin & Rumah Sakit, Itu Mah Udah Telat
Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 22 Januari 2021 13:45 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa strategi menghadapi pandemi Covid-19 bukan hanya menggunakan vaksin. Menurutnya, disiplin protokol kesehatan atau perubahan perilaku adalah cara tepat.

"Sebenernya kita setiap hujan sibuk ngepel padahal bocornya enggak pernah ditambal, WHO juga bilang, strategi ngadepin pandemi tuh bukan hanya vaksin, bukan hanya ngurusin rumah sakit, itu mah udah di ujung udah telat, " katanya dalam dialog 'Vaksin & Kita' Komite Pemulihan Ekonomi & Transformasi Jabar, Jumat (22/1).

Menurutnya, yang mesti diurus adalah perubahan protokol kesehatan pasca pandemi dan sebelum pandemi yang keduanya berbeda. Dia mencontohkan peristiwa jet yang menabrak Twin Tower World Trade Center di Amerika.

"Saya kan naik pesawat sering, itu berubah kan protokol naik pesawat, tiba-tiba suruh antre, buka sepatu, buka baju, dilihatin tapi bisa manusia itu beradaptasi, menghandle miliaran orang dan berputar lewat transportasi udara," kata dia.

Sehingga, dengan hal itu, protokol industri kuliner bisa ikut berubah. Begitu juga industri konser, industri manufaktur, dan industri perhotelan bisa berubah. Semua beradaptasi dengan protokol baru.

"Semua berubah, nah itu harus dibikin protokol kesehatan untuk masing-masing industri pasca Covid, ya pakai digital-lah, pake apalah, e-wallet," ucapnya.

"Karena akan terjadi perubahan, protokol belajar mengajar akan berubah, mungkin protokol kampanye politik akan berubah pasca Covid dengan before Covid," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Diskon Tarif Listrik Diperpanjang 3 Bulan, PLN Minta Rp 4,66 T
Menkes Sebut Testing Covid-19 di Indonesia Salah Secara Epidemiologi
Kesadaran Pakai Masker Pemilik Warung Makan Kecil Masih Rendah
Pemprov DKI Beli 5 Lahan Pemakaman Baru, Diprioritaskan Untuk Jenazah Covid-19
Eksekusi Program Covid-19 Pemerintah Jokowi Tentukan Nasib Ekonomi Tahun ini
China Laporkan 103 Kasus Baru Covid-19, Beijing Gelar Tes Massal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami