Menkes Terawan: 72 Orang di Depok Terjangkit Hepatitis A

PERISTIWA | 21 November 2019 11:38 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memastikan sebanyak 72 orang terjangkit virus Hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Rinciannya, 38 laki-laki dan 34 perempuan.

"Hasil penelusuran yang dilakukan, kasus jumlah penderitanya sebanyak 72 orang. 38 laki-laki, 34 perempuan. Ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak 3 orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11).

Menurut Terawan, 72 orang yang terserang virus Hepatitis A ini bukan seluruhnya siswa SMPN 20 Depok. Melainkan ada siswa dan guru dari sekolah berbeda, hanya saja sama-sama berada di Depok.

Terawan mengaku telah memerintahkan tim untuk melakukan pendataan terhadap siswa dan guru yang terindikasi terjangkit virus Hepatitis A. Dia juga memastikan telah menurunkan tim medis untuk menangani langsung kasus tersebut.

"Jadi ada dua hal yang kami lakukan, satu mencegah penyebaran semakin meluas, kedua kami melakukan tindakan medis untuk penyakitnya," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Belum Masuk Status KLB

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini mengatakan meski banyak siswa dan guru yang terjangkit virus Hepatitis A, pemerintah belum bisa menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Sebab, kasus ini masih bisa ditangani dengan baik.

"Kan jumlah tidak mempengaruhi itu. Kalau masih terlokalisir kan masih bisa kita tangani," ujarnya.

"Doakanlah mudah-mudahan, doakan moga-moga di lingkungan Depok saja," tutup Terawan. (mdk/fik)

Baca juga:
Penderita Penyakit Hepatitis A di Pacitan Menurun, Status KLB Belum Dicabut
Hepatitis A Merupakan Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Pengobatan
Pasien Hepatitis A Bisa Sembuh Secara Sempurna Asal dengan Cara Tepat
Penderita Hepatitis A Tidak Akan Berubah Menjadi Hepatitis B Karena Virus yang Beda
Kenali Gejala Hepatitis A yang Bisa Muncul pada Anak-anak
Ini Hal yang Harus Dilakukan Agar Tak Tertular Penyakit Hepatitis A

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.