Menkes Terawan: Kita Pakai Masker karena Masa Pandemi

Menkes Terawan: Kita Pakai Masker karena Masa Pandemi
PERISTIWA | 27 September 2020 16:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terpapar Covid-19.

"Harus menganggap semua orang positif, bukan sakit. Kita pakai masker karena masa pandemi. Harus ikhlas pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak," kata Terawan dalam keterangan pers, Minggu (27/9).

Terawan juga memastikan langsung tenaga kesehatan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkes di Provinsi Kepulauan Riau yang menangani kasus Covid-19 mendapatkan insentif secara menyeluruh. Terawan mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Pinang pada Kamis (24/9).

Diketahui UPT Kemenkes yang hadir dalam kunjungan kerja menteri kesehatan tersebut antara lain Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, KKP Tanjung Pinang, KKP Tanjung Balai Karimun, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam, dan Poltekkes Tanjung Pinang.

"Pengalaman kalian pasti luar biasa, saya minta untuk semua sabar, berdoa, tawakal, dan tetap berbahagia," tambah terawan.

Sementara itu perkembangan kasus Covid-19 di Bintan pada 23 September 2020, pasien positif yang sembuh berjumlah 89 dari total kasus 134 orang. Sementara pasien suspek berjumlah 61, dan 3 pasien meninggal dunia.

Sejumlah 10 orang dari 89 orang yang dinyatakan sembuh merupakan klaster Pondok Pesantren Darus Ilmi di Kecamatan Toapaya. Pasien-pasien tersebut telah diperbolehkan pulang. Sehingga total ada 45 kasus dari klaster tersebut pada 23 September.

Masyarakat Bintan diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan seperti selalu mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan tetap menjaga kesehatan. (mdk/did)

Baca juga:
Hitung-Hitungan Politik Jokowi Tak juga Ganti Menkes Terawan
Fraksi PAN: Penanganan Covid-19 Tak Bisa Hanya Menkes, Tetapi Kerja Tim
Pakar Epidemiologi: Menkes Tidak Punya Rencana Aksi
Alasan Menkes Terawan Sulit Direshuffle Jokowi
Banyak Kerja Menkes di Tengah Pandemi Covid-19 Tak Tersorot, Ini Sebabnya
CEK FAKTA: Tidak Benar Menkes Terawan Sebut Kematian Dokter Jangan Dibesar-besarkan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami