Menkes Terawan Serahkan Gaji Pertama untuk BPJS Kesehatan

PERISTIWA | 25 Oktober 2019 21:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan memberikan gaji pertama dan tunjangan kinerjanya kepada BPJS Kesehatan. Ini merupakan upaya dirinya memulai gerakan moral untuk membantu defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Gaji pertama itu buat seseorang, adalah gaji yang seharusnya diserahkan kepada Yang Kuasa," katanya di Kantor Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Jumat (25/10).

Dia mengungkapkan, dalam kasus ini, masyarakatlah yang sedang memiliki masalah dan menderita karena persoalan yang menimpa BPJS Kesehatan.

"Maka saya tergerak hati untuk menggerakkan juga kementerian saya untuk berkontribusi membantu," ujar mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu usai rapat tertutup dengan BPJS Kesehatan.

Untuk berapa gaji yang akan diserahkan Terawan secara pribadi, ia hanya mengatakan: "Gaji saya sampai sekarang ndak tahu. Karena itu daripada tidak tahu, lebih baik ndak tahu saja."

"Mungkin ndak banyak. Tapi ukuran banyak dan tidak itu kan angka," tambahnya.

1 dari 1 halaman

Disampaikan Secara Transparan

Terawan menyerahkan pada pihak BPJS Kesehatan agar nantinya dikemukakan secara transparan. Hal ini karena ia tidak ingin melanggar aturan yang berlaku.

"Ingat, ini pribadi bukan institusional," tegas dokter yang terkenal dengan metode terapi 'Cuci Otak' itu.

"Saya hanya sifatnya imbauan dan imbauan itu langsung ditangkap Bapak Sekjen (Kemenkes) juga, ya itu yang saya lakukan. Nanti apakah BPJS akan ikut gerakan moral ini, nanti Pak Fachmi (Dirut BPJS Kesehatan) mungkin bisa menjalankan."

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Dua Hari Setelah Dilantik, Menkes Terawan Blusukan ke Kantor BPJS Kesehatan
Pisah Sambut Menteri Kesehatan
Alasan Jokowi Tunjuk Dokter Terawan jadi Menkes: Beliau Ketua Dokter Militer Dunia
Jokowi Beri Kenaikan Pangkat Luar Biasa Kepada Dokter Terawan Jadi Letjen
Jokowi Minta Terawan Tangani Masalah Stunting dan Obat-obatan
Tak Mau Tanggapi Penolakan IDI, Menkes Terawan Ingin Fokus Kerja

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.