Menko Luhut Beri Penghormatan Terakhir Pada Ani Yudhoyono

PERISTIWA | 1 Juni 2019 17:38 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan menyempatkan hadir di persemayaman almarhumah Ani Yudhoyono di sela-sela kunjungan dinasnya ke Singapura pada Sabtu (1/6).

Terpantau pada pukul 13.50 waktu setempat, Menko Luhut tiba di National University Hospital (NUH) Singapura setelah mendengar kabar wafatnya Ibu Ani Yudhoyono.

Setibanya di NUH, Menko Luhut yang didampingi Menkeu Sri Mulyani segera bergegas ke ruang ICU tempat selama ini almarhumah dirawat.

Menko Luhut tampak menyalami SBY dan kedua anaknya, Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang tiba di ruangan yang sama pada pukul 15.00. Selanjutnya, Menko Luhut terlihat memberikan salam hormat khas tentaranya ke arah almarhumah Ibu Negara pasangan Presiden ke-6 tersebut.

Sekitar 30 menit kemudian mereka bersama-sama mengantarkan jasad mendiang menuju tempat persemayaman di kantor KBRI Singapura.

"Saya bersama istri saya merasa sangat berduka cita yang sangat dalam atas kepergian Ibu Ani, bagaimana pasangan yang sangat serasi tiba-tiba salah satu dari mereka harus pergi. Kita sulit membayangkan itu," ujar Menko Luhut yang juga mendoakan supaya keluarga yang ditinggalkan dapat diberi kekuatan.

"Pak SBY mudah-mudahan kuat," lanjut Menko Luhut.

Batalnya Beberapa Agenda

Niat memberikan penghormatan tersebut mengakibatkan Menko Luhut membatalkan beberapa agendanya hari ini Sabtu (1/6).

"Tadi saya batalin semua agenda saya di Shangrila Dialogue. Saya pikir lebih pentinglah menunjukan penghormatan kepada Ibu Ani. Tahun depan masih ada lagi," terangnya.

Meskipun demikian, Menko Luhut sempat mengadakan pertemuan bilateral dengan CEO of Airbus Defence and Space Mr. Dirk Hoke, CEO of Lockheed Martin Mr. Marillyn Hewson, dan Senior Minister Mr. Teo Chee Hean.

Selain itu Menko Luhut juga bertemu dengan Opif Nouripour selaku Spokesperson of the Commite Foreign Affairs, Alliance 90/The Greens Parliamentary Group, German Boundestag.

Di agenda tersebut Opif mengutarakan kesediaannya mempertemukan Menko Luhut dengan Prime Minister di Berlin tahun ini.

Selain agenda hari ini, beberapa pertemuan penting juga telah dilaksanakan sehari sebelumnya.

"Kemarin saya sudah ketemu dengan deputy Prime Minister Singapura, Menteri Pertahanan Amerika, Menteri Pertahanan Tiongkok, udah bicara tentang maritim, sudah cukuplah," tutup Menko Luhut yang cukup puas dengan agendanya selama 2 hari ini. (mdk/rnd)

Baca juga:
Presiden Jokowi Meninggalkan Kediaman SBY usai Satu Jam Melayat Ani Yudhoyono
Cerita SBY saat Detik-Detik Perjuangan Ani Yudhoyono Hingga Meninggal
Tangis AHY dan Ibas Pecah saat Gotong Peti Jenazah Ani Yudhoyono Masuk Rumah Cikeas
Jokowi Jadi Inspektur Upacara, Ini Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono
Presiden Jokowi Melayat Almarhumah Ani Yudhoyono di Cikeas
SBY Menangis saat Bersalaman dengan Kerabat di Halim Perdanakusuma
Jenazah Ani Yudhoyono Tiba di Rumah Duka

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.