Menko Luhut Minta Pemimpin Bidang Politik Tak Asal Komentar Soal PPKM Level 4

Menko Luhut Minta Pemimpin Bidang Politik Tak Asal Komentar Soal PPKM Level 4
Menko Luhut Panjaitan Tinjau Pembangunan Bandara Dhoho Kediri. ©2021 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
NEWS | 2 Agustus 2021 20:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan para politisi di Indonesia untuk tak berkomentar asal soal kebijakan pemerintah yang masih memperpanjang PPKM Level 4. Menurutnya, jika membutuhkan penjelasan detil, maka pemerintah sangat terbuka untuk menjelaskannya.

"Saya mohon pemimpin kita dalam bidang politik semua, tolong tidak berkomentar kalau komentarnya belum jelas, kalau mau berkomentar silakan, kami sangat senang sekali untuk memberikan penjelasan-penjelasan secara detil kepada siapa pun," katanya saat jumpa pers perpanjangan PPKM Level 4 Jawa-Bali secara virtual, Senin (2/8).

Dia meluruskan, tidak ada kebijakan pandemi ditetapkan oleh satu orang dalam perpanjangan kebijakan PPKM level 4. Semua diputuskan melalui koordinasi terarah dari presiden dengan mempertimbangkan masukan semua unsur.

"Jangan pernah ada yang berpikir, karena dia ini bisa selesai, ini bukan karena satu orang tapi karena kita ramai-ramai dan kami senang, saya juga senang karena presiden memberikan arahan yang sangat jelas kepada kami sehingga kami bisa bekerja secara tuntas dan lugas," jelasnya.

Luhut juga meyakini, sampai saat ini tidak ada negara yang sudah bisa terbebas dari Covid-19 secara total. Berkaca pada Amerika Serikat, dia menambahkan, negara adidaya tersebut masih terus menerus mengganti-ganti kebijakannya saat angka konfirmasi positifnya kembali meledak.

"Menangani masalah ini betul-betul kompleks karena belum ada satu negara pun di dunia yang mereka imun terhadap varian delta ini, Amerika pun sudah meningkat pesat (kasus positifnya) dan mereka sudah mulai mengubah strateginya," tutupnya.

Sebagai informasi, pernyataan Luhut disampaikan usai Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 di Pulau Jawa - Bali. Jokowi meyakini, angka peningkatan kasus belum sampai tingkat keamanan untuk dilakukan relaksasi.PPKM Level 4 Jawa-Bali diputuskan diperpanjang mulai dari 3 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2021.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
PPKM Level 4 Diperpanjang, RI Bisa Jaga Pertumbuhan Ekonomi Lewat Ekspor
PPKM Level 4 Diperpanjang, Wagub DKI Harap Kasus Covid-19 Semakin Turun Signifikan
HIPMI: Perpanjangan PPKM Level 4 Kurang Ideal
PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemerintah Pastikan Tetap Beri Bansos ke Masyarakat
PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus, Jokowi Waspadai Dampak ke Ekonomi
Jokowi Ungkap Indikator Penyebab Perpanjangan PPKM Level 4

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami