Menko Luhut Minta Warga Lakukan Isolasi Terpadu Demi Lindungi Keluarga

Menko Luhut Minta Warga Lakukan Isolasi Terpadu Demi Lindungi Keluarga
Menko Luhut bersama Mendagri dan Menkes tinjau penanganan Covid-19 di Buleleng. ©2021 istimewa
NEWS | 12 Agustus 2021 18:50 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Bali berhasil mencatatkan capian vaksinasi Covid-19 paling baik jika dibandingkan daerah lain. Namun, dia meminta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyediakan tempat isolasi terpusat (isoter).

“Vaksin tak ada masalah, masalahnya adalah isoter,” katanya meninjau penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng, Kamis (12/8).

Setelah memantau langsung manajemen isoter di Asrama Kampus Undhiksa, dia menyebut, Buleleng bisa dijadikan model dalam pengelolaan isoter untuk kabupaten lain.

“Dari laporan tadi, semua yang menjalani isolasi di sini sembuh dan sejauh ini belum ada yang meninggal,” ungkapnya.

Luhut mendorong semua kabupaten dan kota di Bali membuat isoter. Selain itu, masyarakat yang masih melakukan isolasi mandiri (isoman) agar berpindah ke isoter untuk melindungi anggota keluarga lainnya.

“Di tempat isoter itu tempat tidur bagus, makan bagus, dokter dan perawat ada, obatnya juga ada, olah raga dikoordinir. Yang, masih melakukan isolasi mandiri di rumah harus ke isoter agar tak menyebarkan lagi ke anggota keluarga yang lain,” ujarnya.

Dia berharap, isoter yang terkelola dengan baik menjadi kunci dalam upaya menurunkan kasus Covid-19 di Daerah Bali. Karena jika kasusnya masih tinggi, orang luar akan menilai kalau Bali tak disiplin.

Dalam kunjungannya, Luhut didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin. Selain itu juga nampak Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Sumanjuntak, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan jajaran Forkopimda Kabupaten Buleleng.

Baca juga:
Pemerintah Diminta Pasang Tirai Setiap Toko untuk Cegah Penularan Covid-19
Angka Kematian Dihapus dari Indikator Penanganan Covid-19
Pemerintah Larang Lomba HUT ke-76 RI yang Picu Kerumunan
DPRD Tangsel Berharap Orang Tua dan Guru Dorong Kepatuhan pada Prokes
Data Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet, Rusun Nagrak & Pasar Rumput
Penjelasan di Balik Angka Kematian yang Tinggi

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami