Menko PMK: Kasus Covid-19 Tak Naik Signifikan Usai Mudik Lebaran 2022

Menko PMK: Kasus Covid-19 Tak Naik Signifikan Usai Mudik Lebaran 2022
Menko PMK Muhadjir Effendy. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 24 Mei 2022 16:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut kasus Covid-19 tak mengalami kenaikan usai mudik lebaran 2022. Menurut Muhadjir, kasus Covid-19 bahkan cenderung menurun dan pencapaian vaksinasi membaik.

"Alhamdulillah sampai sekarang juga Covid-19 tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan bahkan cenderung menurun dan juga capaian dari vaksinasi termasuk booster," kata Muhadjir dalam konferensi pers usai rapat evaluasi mudik bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/5).

Muhadjir mengatakan, ada enam variabel atau parameter yang menjadi fokus Jokowi untuk penanganan mudik lebaran. Mulai dari tata kelola lalu lintas, pengendalian Covid-19, bahan baku, bahan pangan, bahan bakar hingga vaksinasi dosis ketiga atau booster.

"Alhamdulillah dari enam indikator atau enam variabel ini semua tercapai dengan sangat memuaskan," ujar Muhadjir.

Muhadjir menambahkan, pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah disiplin dan mematuhi aturan mudik lebaran 2022. Sehingga mudik lebaran tahun ini berjalan dengan memuaskan.

"Termasuk di dalamnya adalah tertib menggunakan jalan ketika sedang perjalanan. Termasuk juga kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan kepatuhan-kepatuhan yang lain," kata Muhadjir.

2 dari 2 halaman

Jokowi Nilai Pengelolaan Arus Mudik Lebaran 2022 Baik

Jokowi sebelumnya mengapresiasi manajemen arus mudik dan arus balik lebaran 2022 yang dilakukan jajaran kementerian dan TNI-Polri. Dia menilai arus mudik dan balik berhasil dikelola dengan baik sehingga tak ada kemacetan parah.

"Saya ingin menyampaikan tks seluruh jajaran kementerian Polri, TNI dalam rangka manajemen arus mudik maupun arus balik. Secara umum, Alhamdulillah bisa dikelola dengan baik sehingga tidak ada keluhan-keluhan yang amat sangat," kata Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (9/5).

Dia menyadari bahwa masih ada keluhan-keluhan kecil yang disampaikan masyarakat terkait arus mudik dan balik Lebaran. Namun, Jokowi senang tak ada kemacetan parah yang memakan waktu hingga berhari-hari dalam arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Kalau keluhan kecil-kecil pasti ada, tapi peristiwa macet sampai satu setengah hari, dua hari seperti yang terjadi pada yang lalu-lalu, ini bisa diatasi," ujarnya.

Menurut dia, keberhasilan penanganan arus mudik ini dikarenakan manajemen pengelolaan yang dipersiapkan dengan baik di lapangan. Jokowi pun hal ini terus dipertahankan hingga arus balik mudik selesai.

"Saya melihat persiapan manajemennya dgn pengelolaan di lapangan dgn baik, saya melihat semuanya bisa diatasi. Dan ini masih sisa waktu sedikit arus baliknya agar terus diikuti," jelas Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
Ini Penyebab Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2022 Turun Drastis
Menko PMK: Evaluasi Mudik Lebaran 2022 Hasilnya Sangat Memuaskan
Mudik Lebaran 2022 Kerek Pendapatan Tol Hingga 28,1 Persen
Lapor Jokowi, Menko PMK Sampaikan Kasus Kecelakaan Mudik 2022 Turun 11%
Peningkatan Mobilitas Masyarakat Saat Mudik Dorong Pemulihan Ekonomi
Menhub Budi: Pembayaran Santunan Kecelakaan Turun 50 Persen saat Mudik 2022
Perkembangan Transportasi dan Infrastruktur Dukung Suksesnya Mudik 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini