Menko PMK: Masjid Istiqlal Tahun Ini Tak Digunakan untuk Salat Idul Adha

Menko PMK: Masjid Istiqlal Tahun Ini Tak Digunakan untuk Salat Idul Adha
PERISTIWA | 9 Juli 2020 12:57 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku telah rapat dengan Menteri Agama Fachrul Razi. Rapat dilakukan secara teleconfrence dalam membahas pelaksanaan salat Idul Adha.

"Membahas kesiapan penyelenggaraan salat Idul Adha dan pemotongan qurban, dari bapak Menag sudah membuat edaran soal penyelenggaraan Idul Adha ini. Dan akhirnya pertama tentang penggunaan Masjid Istiqlal, pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Idul Adha," katanya di kantornya, Jakarta, Kamis (9/7).

"Lalu terkait penyembelihan hewan kurban diputuskan dibolehkan dengan pengecualian," sambungnya.

Pengecualian yang diputuskan yaitu dalam beberapa poin. Pertama prihal zonasi atas penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas Nasional.

"Pertimbangan kedua tentang tingkat kemungkinan terjadinya Covid-19, menghindari kerusakan harus diutamakan daripada memburu manfaat. Kemudian yang ketiga untuk hal yang lebih operasional dari ketentuan yang ditetapkan Menag nanti dibahas lebih detail oleh Kemenko PMK dan Polhukam, lalu Kemenag, Kemenkes, Kemenhub, Kemendagri, ada Gugus Tugas, BNPB, Polri, TNI," bebernya.

"Saya kira itu poin yang dibicarakan tadi dan nanti dalam waktu dekat pak Menag akan memberikan informasi detail terkait penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban," sambungnya.

Prihal zonasi ini, ia mengaku kalau hal tersebut Gugus Tugas yang mengetahui secara pasti. Sehingga, nantinya zonasi tersebut akan diketahui di mana saja yang diperbolehkan untuk menyembelih hewan kurban.

"Nanti mereka yang umumkan. Karena itu kerjasama antara pihak penyelenggara salat dengan Gugus Tugas daerah, Polri dan Pemda itu menjadi sangat penting dan tadi Menag juga sudah menjanjikan bahwa seluruh aparat di Menag akan dikerahkan. Saya kira itu penjelasannya," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Berbobot 940 Kg dari Peternak di Bantul
Beli Kurban Idul Adha Online Karena Pandemi, Cek Kisaran Harganya Berikut ini
Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Tempat Penjualan Hewan Kurban
Idul Adha 2020, Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Rp90 Juta Berbobot 1 Ton
Menag Pastikan Masjid Istiqlal Gelar Salat Idul Adha
Cegah Penyebaran Covid-19, Menag Larang Pembagian Langsung Daging Kurban
Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya Pakai ID Card, Begini Cara Daftarnya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami