Menko PMK Pastikan Pasien Meninggal di RS Kariadi Semarang Negatif Virus Corona

Menko PMK Pastikan Pasien Meninggal di RS Kariadi Semarang Negatif Virus Corona
PERISTIWA | 26 Februari 2020 18:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Kariadi, Semarang, negatif virus corona. Pasien tersebut sebelumnya memiliki gejala hampir mirip dengan virus corona.

"Tidak, sudah, itu sudah tidak benar. Itu memang negatif. Saya sudah kroscek di RS Kariadi. Direkturnya langsung. Dan sudah diberi list datanya tentang dia dan negatif (virus corona)," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/2).

Namun dia tidak menjelaskan detail hasil medis. Alasannya, berdasarkan kode etik, Rumah Sakit harus merahasiakan rekam medis pasiennya. Muhadjir menegaskan pasien meninggal akibat pneumonia bukan virus corona meski saat dimakamkan diberi penutup.

Menurutnya, itu sudah sesuai prosedur terhadap mereka yang meninggal karena pneumonia agar penyakit tak menular. Muhadjir membantah tudingan menutup-nutupi bahwa pasien terpapar virus corona.

"Kita terbuka. Sudah saya pastikan saya kroscek ke pusat untuk periksa spesimennya," jelasnya.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr Kariadi Semarang, dr. Agoes Poerwoko, SpOG(K), MARS mengatakan, pasien tersebut adalah seorang warga negara Indonesia (WNI) berusia 37 tahun dan datang dari Spanyol.

Dia dari Spanyol ke Dubai kemudian ke Jakarta. Di rumah sakit daerah tanggal 17, masuk sini tanggal 19, meninggal hari Minggu (23/2) jam 12.00," kata Agoes.

Lebih lanjut Agoes mengatakan, saat tiba di RSUP Dr Kariadi, pasien itu mengalami sesak napas, batuk, dan demam. Sesuai standar prosedur yang berlaku, pasien langsung ditangani di ICU terlebih dahulu dan perawat menggunakan baju pengaman.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Corona di Negeri Konflik, Afghanistan Bersiap Hadapi Wabah
Diskon Tiket Pesawat Bakal Jadi 50 Persen Jika Wabah Virus Corona Belum Reda
Pramugari Korea Selatan Dikonfirmasi Terinfeksi Virus Corona, Ini 5 Faktanya
Ulama Iran Sebut Virus Corona Bisa Sembuh dengan Mengoleskan Minyak Esensial ke Anus
Sudah Dievakuasi, 188 WNI Kru World Dream Menuju Pulau Sebaru

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami