Menko PMK: Sudah 90 persen program Kementerian tangani gizi buruk dan campak di Asmat

PERISTIWA » MALANG | 21 Februari 2018 23:43 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan, sudah 90 persen program Kementrian sampai ke Asmat. Bantuan itu untuk menanggulangi gizi buruk dan campak yang melanda wilayah Asmat Papua, beberapa waktu yang lalu.

"Sudah 90 persen program Kementerian datang ke Asmat. Tapi bukan ke Asmat saja, juga di kabupaten-kabupaten lainnya," ujar Puan usai membuka Rakernas badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Nusa Dua Bali, Rabu (21/2).

Selain itu, Puan juga mengatakan, akan langsung meninjau wilayah Asmat setelah dicabutnya status Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Nanti malam, saya bersama beberapa menteri akan melihat (Asmat). Bagaimana kondisinya, kemudian bagaimana kesiapan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang ada di sana," ujarnya.

Selain itu, Puan juga akan mensinergikan antara pemerintau pusat dan daerah. Hingga, kemudian bisa memberikan edukasi, seperti penanaman bibit atau bercocok tanam.

"Bagaimana kemudian, kita bisa memberikan edukasi untuk bertanam di sana dari Kementrian pertanian. Sehingga mereka itu, bisa punya produk-produk bahan pangan yang bergizi dan tentunya mandiri dan di panen oleh mereka sendiri," ujarnya.

Baca juga:

Pascainsiden 'kartu kuning' buat Jokowi, UI kirim tim bantuan ke Asmat

PDIP minta pemerintah serius tangani masalah di Asmat

Hercules C-130 angkut 10 ton bantuan masyarakat Malang untuk Asmat

Bantu penanganan gizi buruk dan campak, dokter ahli dikirim ke Asmat

Mensos: Paling mendasar saat ini bagaimana bangkitkan semangat hidup di Asmat

Temuan masalah dan solusi pemerintah Jokowi untuk warga Asmat di Papua

Kemensos bentuk enam kampung siaga bencana atasi gizi buruk di Asmat

(mdk/gil)