Menko Polhukam Mahfud MD Anjurkan Salat Id di Lingkungan Terbatas

Menko Polhukam Mahfud MD Anjurkan Salat Id di Lingkungan Terbatas
PERISTIWA | 13 Juli 2020 20:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud Md mempersilakan umat Muslim melaksanakan ibadah salat Idul Adha di lokasi terbuka seperti di lapangan, meskipun ada pandemi Covid-19. Adapun hal ini disampaikan usai rapat terbatas virtual bersama Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Polri, Kepala Staf Kepresidenan dan beberapa kementerian lembaga terkait.

"Salat id, dan kurban boleh dilakukan di tempat-tempat ibadah. Boleh dilakukan di tempat ibadah baik di lapangan maupun di masjid. Tapi tetap dengan protokol kesehatan," kata Mahfud, Senin (13/7/2020).

Dia menuturkan, dianjurkan salat id di lingkungan terbatas. "Misalnya di komplek seperumahan. Di sekolah, di kampung, dan sebagainya. Jadi bisa dilakukan di tempat dan jumlah jemaah terbatas yang misalnya saling kenal kalau bisa, yang hadir di situ saking kenal sehingga kalau ada sesuatu bisa saling tahu dari mana sumbernya," ungkap Mahfud.

Pria yang pernah gagal menjadi Wakil Presiden mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini, menuturkan, ketentuan salat Idul Adha itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama nomor 18 tahun 2020.

"Silakan berhari raya dengan khusyuk sesuai dengan syariah kualitasnya. tetapi juga protokol kesehatan yang tentukan oleh negara supaya bisa dilakukan," jelas Mahfud.

Mahfud MD menjelaskan, dalam rapat yang berlangsung secara virtual tersebut, semua menteri teknis melaporkan kesiapannya dalam menyambut hari raya Idul Adha pada akhir bulan Juli ini.

"Menteri Agama tadi sudah menyiapkan protokol peribadatan yang praktis dan aman, tanpa mengurangi ketentuan syar'i. Menteri perhubungan sudah menyiapkan transportasi yang aman, Kapolri sudah menyiapkan berbagai program untuk pengamanan mengatasi berbagai tindak kriminal dan kejahatan terorisme misalnya. Menteri Perekonomian menyiapkan bahan bahan pokok yang diperlukan. Menteri pertanian juga melaporkan ketersediaan hewan qurban," pungkasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Jokowi Bakal Kurban Dua Sapi Berat di Atas 1 Ton di Palembang
Muatan Kapal Ternak Pelni Meningkat Jelang Idul Adha
BRIsyariah Tawarkan Kurban Digital di Tengah Pandemi Corona
MUI Depok Persilakan Masjid di Zona Hijau Gelar Salat Idul Adha
Gugus Tugas Covid-19 Imbau Penyembelihan Kurban di Tempat Pemotongan Hewan
7 Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar, Perhatikan Usianya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami