Indonesia Butuh Jutaan APD untuk Para Medis Tangani Corona

Indonesia Butuh Jutaan APD untuk Para Medis Tangani Corona
PERISTIWA | 27 Maret 2020 22:00 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Indonesia membutuhkan banyak alat pelindung diri (APD) untuk menangani virus Corona. Sejauh ini stok APD yang sudah ada mencapai 19.000. Namun dirasa masih kurang.

"(Stok APD) tidak mencukupi, kita memerlukan jutaan, bahkan atau sekurang-kurangnya ratusan ribu. Menurut rapat tadi, kalau misalnya situasi ini berlangsung sampai sekian bulan itu, kita memerlukan jutaan," ujar Menko Polhukam Mahfud Md saat teleconference bersama wartawan, Jumat (27/3).

Sempat ada kecemasan lantaran stok APD di berbagai daerah di Indonesia minim. Ada beberapa rumah sakit di daerah yang tidak memiliki APD. Bahkan ada pula yang tidak memiliki alat kesehatan lain semisal ventilator. Ini berimbas pada tidak maksimalnya penanganan pasien positif COrona atau Covid-19.

"Menurut catatan, memang yang gagal sembuh itu mereka yang tidak kebagian ventilator karena masih antre dan sebagainya, barangnya kurang. Nah, ini akan sedang kita datangkan," jelasnya.

Mahfud menuturkan, stok APD diupayakan dari dalam negeri dan luar negeri. Pemerintah berupaya melengkapi kebutuhan petugas medis yang menangani Corona.

"Pemerintah baru saja rapat tadi seharian ini, dan semuanya sudah siap. Insyaallah dalam waktu yang tidak lama, bukan hanya APD, tapi ventilator juga," tutupnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Dokter Gugur, IDI Minta Jaminan APD Terpenuhi saat Tangani Pasien Covid-19
Dewan Guru Besar FK UI Sarankan Pemerintah Lakukan Lokal Lockdown
Pemerintah Sedang Siapkan Peraturan Larangan Mudik dan Piknik Lebaran 2020
Jadwal Perjalanan Dibatalkan, Stasiun Gambir dan Pasar Senen Sepi
Pemudik Asal Jateng Disemprot Disinfektan dan Disuruh Senam untuk Cegah Corona
RS Universitas Udayana Ditunjuk Jadi Rumah Khusus Pasien Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami