Menkum HAM sebut penembakan di LP Sleman sebagai sejarah

Menkum HAM sebut penembakan di LP Sleman sebagai sejarah
Amir Syamsuddin. merdeka.com
PERISTIWA | 23 Maret 2013 18:25 Reporter : Parwito

Merdeka.com - Menkum HAM Amir Syamsuddin menyebut penembakan yang menewaskan empat orang tahanan di Lapas klas II B Cebongan, Sleman, DIY, Sabtu (23/3) dini hari tadi adalah sebuah sejarah. Sebab, insiden serupa belum pernah terjadi sebelumnya.

"Saya turut berduka atas kejadian ini. Ini bukan peristiwa sederhana, di mana pihak luar bisa masuk ke dalam Lapas dan melakukan aksi pembunuhan," kata Amir saat jumpa pers di Lapas Cebongan, Sabtu (23/3).

Amir meminta aparat penegak hukum segera mengusut tuntas penembakan yang menewaskan empat orang tahanan itu. Dia juga meminta penuntasan kasus dilakukan transparan.

"Saya minta, kasus ini sesegera mungkin ditangani dengan penanganan yang transparan tanpa di tutup-tutupi. Kalau ini terungkap pelaku harus menerima hukuman yang setimpal," tegasnya.

Seperti diberitakan, empat tahanan tewas dan dua orang sipir Lapas Cebongan, Sleman, DIY, terluka setelah diserang belasan orang tak dikenal. Korban Dicky Sahetapy, Dedi, Aldi dan Juan merupakan pelaku penganiayaan yang menewaskan seorang anggota Kopassus, Sertu Santoso (31) di Hugo's Cafe Kota Yogyakarta.

Kejadian penembakan itu berlangsung sekitar pukul 01.30 WIB, dimulai dengan kedatangan belasan orang bercadar ke dalam Lapas. Dengan menggunakan penutup muka berwarna hitam, para pelaku melompati pagar setinggi sekitar satu meter.

Pria berbadan tegap itu lantas melumpuhkan sipir penjara, dan memaksanya untuk masuk ke dalam sel tahanan. Tidak berhenti sampai di sana, para pelaku meminta sipir pembawa kunci untuk memeriksa satu per satu sel guna menemukan sasarannya.

Tidak lama, mereka menemukan para pelaku yang tengah meringkuk di dalam sel. Tanpa basa-basi, belasan pria bercadar itu menembakkan senjata api ke arah para korban hingga tewas. (mdk/ren)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami