Menlu: Perkiraan Pada 2022 Dunia Belum Sepenuhnya Keluar dari Pandemi Covid-19

Menlu: Perkiraan Pada 2022 Dunia Belum Sepenuhnya Keluar dari Pandemi Covid-19
Menlu Retno Marsudi rapat di DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 14 September 2021 21:08 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan perkiraan situasi pada 2022 dunia belum sepenuhnya keluar dari pandemi Covid-19 terutama dari aspek kesehatan. Sementara WHO berharap pada akhir 2021 dunia dapat melakukan vaksinasi 40% dari populasinya dan pada 70% pada pertengahan 2022.

"Perkiraan situasi pada 2022, diperkirakan dunia belum akan sepenuhnya keluar dari pandemi Covid-19 dari aspek kesehatannya. WHO menyampaikan harapannya bahwa diakhir 2021 negara dunia dapat melakukan vaksinasi, 40% dari populasinya dan 70% pada pertengahan 2022," katanya Retno dalam konferensi pers secara daring, Selasa(14/9).

Sementara itu kata dia dari aspek ekonomi, terlihat dari data IMF pada 2020 lalu ekonomi dunia turun hingga -3,2% dan tahun ini terdapat tren positif pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 6 persen. Sehingga tren tersebut diharapkan akan berlanjut pada tahun 2022.

"Dunia juga memerkirakan masih dapat kerentanan dan kekhawatiran bahwa pertumbuhan belum akan merata, dari sisi geopolitik diperkirakan rivalitas dari dua kekkuatan besar masih akan berlnajut. Trust defisit masih menonjol," ungkapnya.

Sebab itu dengan adanya hal tersebut, dengan nantinya Indonesia menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada 2022 kuncinya ada kekuatan. Terutama kerja sama dan kemitraan seluruh negara.

"Dengan latar belakang situasi dunia seperti yang saya sampaikan secara singkat tadi, maka selama keketuaan Indonesia spirit utamanya adalah pulih bersama, untuk pulih bersama diperlukan spriti solidaritas kerja sama, kolaborasi, kemitraan dan inklusivitas," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Epidemilog: Jangan Lengah Covid-19 Masih Terus Bermutasi
Faktor Data Sebabkan 2 Daerah di Jawa Barat Berstatus PPKM Level 4
Cegah Penularan Varian Baru Covid-19, Pengawasan Prokes Bandara Ahmad Yani Diperketat
Wabah Terbaru Covid di China Bermula dari Penularan di Sebuah Sekolah Dasar
Melihat Orangutan di Malaysia Jalani Tes Covid-19
Delapan Pekan Terakhir, Kasus Covid-19 di RI Konsisten Alami Penurunan
Satgas Covid-19 Minta 3.830 Kasus Hitam Dibawa ke Isolasi Terpusat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami