Menlu Retno: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Berjalan Lancar dan Tidak Ada Efek Berat

Menlu Retno: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Berjalan Lancar dan Tidak Ada Efek Berat
PERISTIWA | 28 September 2020 13:45 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan, sejauh ini tak ada laporan relawan yang merasakan efek samping berat dari uji klinis fase III vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac dan PT Bio Farma Persero.

"Laporan yang diterima sampai saat ini uji klinis berjalan dengan lancar dan tidak diperoleh laporan efek yang berat. Jadi intinya berjalan lancar dan sejauh ini hasilnya baik," katanya usai rapat terbatas secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/9).

Dia menjelaskan, tim dari Sinovac Biotech, perusahaan farmasi asal China, telah meninjau langsung pelaksanaan uji klinis fase III vaksin di Bandung. Delegasi dari Sinovac juga datang ke beberapa lokasi di Bandung untuk meninjau tempat produksi vaksin di lingkungan Bio Farma.

"Pada tanggal 20-24 September tim ahli Sinovac telah visitasi ke bandung, untuk tinjau production site vaksin Bio Farma dan sekaligus observasi pelaksanaan uji klinis fase III yang tengah dilakukan di Bandung dan sekitarnya," ujarnya.

Retno mengatakan Bio Farma menyiapkan dua gedung untuk produksi vaksin Sinovac dan produksi kandidat vaksin lainnya.

"Delegasi Sinovac secara khusus mengunjungi gedung nomor 21 dan 43. Gedung No.21 akan digunakan untuk produksi vaksin Sinovac, sementara 43 untuk site production atas vaksin kandidat yang melalui mekanisme multilateral, dan kandidat vaksin-vaksin lainnya," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Baca Selanjutnya: BUMN di sektor farmasi itu...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami