Menlu Sebut PM Belanda ke Indonesia Khusus Beri Selamat ke Jokowi

PERISTIWA | 7 Oktober 2019 18:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyebut kunjungan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte ke Indonesia bukan sekedar bilateral. Namun, Rutte datang khusus menyampaikan selamat ke Joko Widodo yang kembali terpilih jadi presiden periode 2019-2024.

"Tapi beliau ingin mengkhususkan kunjungan kali ini sebagai congratulatory visit. Jadi untuk menyampaikan ucapan selamat kepada presiden setelah proses pemilu selesai, beliau terpilih, dan beliau (Jokowi) Insya Allah dilantik 20 Oktober nanti," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (7/10).

Kunjungan Rutte kali ini bukan hanya pertama kalinya, dia sebelumnya telah ke Indonesia pada 2013 dan 2016 silam. Menurut Retno, Rutte pernah menyatakan keinginannya mengunjungi Indonesia setiap tiga tahun sekali.

"Intinya sesuai dengan apa yang memang pernah dibahas dengan beliau, beliau berkeinginan mengunjungi Indonesia setiap 3 tahun sekali. Dan janji itu dipenuhi," jelasnya.

Saat konferensi pers, Rutte mengatakan bahwa dirinya dan Jokowi berbicara mengenai peningkatan kerja sama di bidang ekonomi. Dia menjelaskan selama tahun 2018, nilai perdagangan RI-Belanda berada di sekitar angka €3,8 miliar. Rutte yakin angka tersebut akan terus bertambah.

"Saya juga membahas isu yang kompleks tentang kelapa sawit dan produksi yang berkelanjutan. Kami berupaya untuk mengubah situasi kompleks ini menjadi peluang," tutur Rutte.

Selian itu, Indonesia dan Belanda juga sepakat membangun kerja sama di bidang pendidikan, pengelolaan air, kesehatan, hingga masalah pengelolaan sampah. Rutte menyebut pada Juli mendatang, Indonesia dan Belanda akan menggelar pekan pendidikan bersama.

Reporter: Lizsa Egeham (Liputan6.com)

Baca juga:
Momen Keakraban PM Belanda dengan Menlu Retno Marsudi
Jokowi Ajak Belanda Kerja Sama Kelapa Sawit Hingga Investasi Infrastruktur Maritim
Jokowi Terima Kunjungan Perdana Menteri Belanda di Istana Bogor
Bos BKPM: Presiden Jokowi Masih Bangun Infrastruktur di Periode ke-2
Soal Kursi Menhan, Jubir Sebut Prabowo Belum Putuskan Koalisi atau Oposisi
Soal Perppu KPK, Tjahjo Sebut Jokowi Belum Berikan Arahan Apapun

(mdk/did)