MenPAN-RB Ingatkan Pemda Analisa Data Sebelum Mengambil Keputusan

MenPAN-RB Ingatkan Pemda Analisa Data Sebelum Mengambil Keputusan
Men-PANRB Tjahjo Kumolo rapat dengan Komisi II DPR. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 31 Agustus 2021 14:47 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan data menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengambil keputusan tepat dan menghasilkan kebijakan publik berkualitas.

Hal itu disampaikan Tjahjo di acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menpan RB dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono secara virtual, Selasa (31/8).

"Kehadiran data dan informasi dapat memengaruhi Pemerintah untuk mengambil keputusan yang tepat dan menghasilkan kebijakan publik yang berkualitas, tepat sasaran dan menjawab permasalahan di tengah masyarakat," kata Tjahjo di Jakarta.

Sebuah institusi, baik kementerian maupun lembaga pemerintah non-kementerian (K/L), tidak akan dapat bertahan tanpa mengacu pada data dalam mengambil keputusan (data driven decision making).

"Kebijakan yang berkualitas dipengaruhi oleh data yang berkualitas pula, sehingga ketersediaan data ini menjadi hal yang penting," tukasnya.

Oleh karena itu, seluruh K/L dan pemerintah daerah (pemda) penting untuk melakukan analisa pada data sebelum mengambil sebuah keputusan, tutur Tjahjo.

"Kebijakan yang menghasilkan hasil yang baik harus diperluas. Kebijakan yang tidak harus dipikirkan kembali dan mengalokasikan ulang sumber daya yang ada," ujarnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan dengan menggunakan digital signature tersebut bertujuan untuk memperpanjang kerja sama antara Kemenpan RB dan BPS.

Kerja sama antara Kemenpan RB dan BPS tersebut sudah terjalin sejak 2015 dalam penyediaan, pemanfaatan dan pengembangan statistik dalam bidang PANRB.

Tjahjo berharap dengan keberlanjutan kerja sama tersebut pembuatan kebijakan oleh Kemenpan RB menjadi lebih terarah, sesuai, gesit dan eksperimental. (mdk/gil)

Baca juga:
MenPAN-RB: PNS Harus Mampu Berinovasi untuk Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat
HUT ke-76 RI, Menpan RB Berpesan agar ASN Harus Jadi Pemersatu Bangsa
Intip Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS 2021 Digelar Mulai 25 Agustus
MenPAN-RB: Pelatih dan Peraih Medali Olimpiade Dapat Formasi Khusus Jadi PNS
2.598 Pelamar CPNS Lolos Seleksi Administrasi di Kementerian PANRB
Tes SKD CPNS 2021 Terbagi 3 Kelompok, Berikut Kisi-Kisi Soalnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami