Menpora Dorong e-Sport dan Pencak Silat ke Kancah Dunia

PERISTIWA | 11 Februari 2019 14:55 Reporter : Bagus Suryadinata

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ingin terus melanjutkan momentum kesuksesan Asian Games 2018 sebagai kebangkitan bangsa. Baginya Indonesia merupakan negara besar dan sudah selayaknya sejajar dengan negara lain.

Seperti diketahui Indonesia memang dapat dikatakan sukses sebagai tuan rumah perhelatan Asian Games. Pesta olahraga se Asia itu dinilai sebagai bentuk prestasi tersendiri Indonesia di mata dunia.

Atas dasar ini, Menpora Imam Nahrawi melihat sudah selayaknya Indonesia dapat berdiri di kaki sendiri. Dia menilai Indonesia sudah tidak lagi tertinggal dan kini sejajar dengan negara lain.

"Kita ingin menjadikan momentum Asian Games 2018 lalu sebagai momentum kebangkitan bangsa sekaligus memastikan bahwa kita adalah negara besar dan layak berdiri sejajar dengan negara-negara lain," ucap Imam dalam Kick Off Meeting atau Rapat Awal untuk Penyamaan Persepsi antar Kementerian di Menko PMK.

Bukan tanpa alasan Imam berkata demikian. Hal itu terbukti Indonesia mampu menelurkan atlet-atlet cabang olahraga baru seperti e-Sport.

Bahkan Imam berencana membawa olahraga E-sport dapat dipertandingkan di level dunia.

"Sebagai bukti negara besar salah satunya yakni banyaknya atlet e-sport yang lahir dari Indonesia setelah ini e-sport juga akan terus dipertandingkan di SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade dan hal ini tidak lepas dari dukungan dan kolaborasi dari Kementerian/lembaga lainnya," ujarnya.

Tak hanya itu, Menpora juga menegaskan terkait pencak silat untuk go internasional dan sebagai bagian olahraga khas Indonesia yang dipelajari oleh masyarakat dunia.

"Kita akan mendorong agar pencak silat masuk ke sport olimpic menuju tuan rumah Olimpiade 2032," tegas Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan para pejabat Eselon I Kemenpora.

(mdk/hrs)