Mensesneg Sebut Nama Dewan Pengawas KPK Belum Final

PERISTIWA | 11 Desember 2019 19:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno enggan membeberkan nama-nama yang akan menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, saat ini proses pemilihan dewan pengawas KPK masih berlangsung.

"Ya namanya belum final, kok," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/12).

Saat dikonfirmasi terkait nama Yusril Ihza Mahendra, Indryanto Seno Adji, hingga Taufiequracham Ruki yang dikabarkan menjadi dewan pengawas, Pratikno tak mau menjawabnya. Dia meminta seluruh pihak untuk menunggu hingga nama-nama dewan pengawas diumumkan pada 20 Desember 2019.

"Ya kan belum final, nanti tanggal 20 (Desember) lah final," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Jokowi Sudah Kantongi Nama

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah rampung menyusun nama-nama Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, nama-nama pilihan Jokowi itu tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

"Sudah (nama-namanya), tapi belum (diumumkan)," ucap Jokowi kepada wartawan di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Nama dewan pengawas akan diumumkan bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK periode 2019-2024, pada Desember 2019. Dewan Pengawas nantinya berisi lima anggota, dengan seseorang merangkap sebagai ketua.

Soal siapa saja yang akan mengisi posisi dewan pengawas KPK, Jokowi tak mau mengungkapkannya. Begitupun dengan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Dia hanya memastikan bahwa dewan pengawas KPK yang dipilih Jokowi adalah sosok yang bersih dari masalah hukum. Hal ini, kata Fadjroel, sesuai dengan sikap politik Jokowi yaitu pemerintahan bersih dan antikorupsi.

"Insya Allah dewas KPK terpilih ini terbaik dan terbersih," kata Fadjroel saat dikonfirmasi, Rabu (11/12/2019). (mdk/eko)

Baca juga:
MPR Soal Dewan Pengawas KPK: Yang Kontrol Rakyat
Istana Pastikan Dewan Pengawas KPK Sosok Bersih
Jokowi Kantongi Nama Dewan Pengawas KPK, Mahfud Sebut Bakal Ada Kejutan
KPK Harap Jokowi Tunjuk Dewan Pengawas yang Berintegritas
Fahri Nilai Dewan Pengawas KPK Lebih Penting daripada Hukuman Mati Koruptor

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.