Mensos Juliari Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 di GOR Karet Tengsin

Mensos Juliari Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 di GOR Karet Tengsin
PERISTIWA | 14 Juni 2020 07:57 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk warga terdampak virus corona (Covid-19) di GOR Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Menteri Sosial, Juliari P Batubara, didampingi Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, menyerahkan secara langsung bantuan tersebut.

GOR Karet merupakan tempat penampungan sementara bagi warga terlantar akibat Covid-19 khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Dikutip dari Antara, Minggu (14/6), Mensos menyerahkan bantuan sosial sembako dan asistensi rehabilitasi sosial kepada sejumlah pihak di antaranya bantuan sembako 2.781 paket untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Balarenik.

Kemudian bantuan sembako untuk warga terdampak yang tinggal di GOR, bantuan sembako untuk Balai 'Mulya Jaya' Jakarta sejumlah 242 paket dan asistensi rehabilitasi sosial 385 paket. Sementara Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan sembako sejumlah 2.027 paket dan asistensi rehabilitasi sosial 100 paket.

Juliari mengapresiasi pemerintah DKI Jakarta khususnya Dinas Sosial dan Wali Kota Jakarta Pusat atas kerjasama dalam penanganan warga terlantar akibat Covid-19.

"Ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam memberikan layanan pada warga yang terdampak Covid-19, serta menegaskan bahwa negara hadir dalam upaya penanganan pandemik virus corona khususnya di DKI Jakarta," ujar Juliari.

Dia berharap kerjasama yang baik selama ini tetap dipertahankan, termasuk dalam penyaluran bantuan sosial.

1 dari 1 halaman

Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang PSBB menjadi masa transisi hingga 18 Juni 2020 sebagai upaya penanggulangan penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melakukan pendekatan-pendekatan yang salah satunya berbasis Tempat Penampungan Sementara.

Pada pendekatan ini, Kemensos bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan TPS berupa GOR yang berfungsi untuk menampung sementara warga terlantar hasil penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di jalan/ruang publik.

Di GOR ini, mereka akan didata, dicek kesehatan dan diberi makan yang berasal dari dapur umum. Dapur umum ini dikelola oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kemensos bekerja sama dengan Suku Dinas Sosial setempat. Bagi mereka yang masih memiliki keluarga, akan dipulangkan oleh Kemensos. (mdk/lia)

Baca juga:
CFD Belum Dibuka, Dishub DKI Sediakan Satu Lajur di Sudirman-Thamrin untuk Bersepeda
Pengganti CFD, Pemprov DKI Siapkan Jalur Sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin
Pemprov DKI Pastikan Bus Sekolah Penjemput Penumpang KRL Gratis
Pemprov DKI Sudah Berlakukan Sistem Kerja Shift Untuk PNS
Transportasi Umum Rentan Penyebaran Covid-19, YLKI Usul Terapkan Konsep Nirsentuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami