Menteri Agama: Idul Fitri Memperkuat Ikatan Persaudaraan

PERISTIWA | 4 Juni 2019 23:31 Reporter : Angga Yudha Pratomo

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Idul Fitri 1440 Hijriah merupakan momentum bagi masyarakat Indonesia untuk mempererat persaudaraan. Khususnya untuk umat Islam, dia mengajak memperkuat dimensi persaudaraan secara universal.

"Mari kita manfaatkan momentum idul fitri ini untuk lebih mempererat sekaligus memperkuat ikatan persaudaraan kita," kata Lukman di Jakarta, Selasa (4/6).

Bagi segenap umat Islam, Lukman mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Dia mengatakan terdapat tiga hal perlu diperkuat unsur ikatannya, yaitu persaudaraan seagama, sebangsa dan sesama umat manusia.

"Di bulan Ramadan, kita berlatih diri mengendalikan hawa nafsu kita, mudah-mudahan di hari raya Idul Fitri ini kita mampu kembali ke jati diri kemanusiaan kita," ucapnya seperti diberitakan Antara.

Adapun pemerintah menetapkan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Rabu (5/6) besok. Pemerintah bersama sejumlah tokoh agama, ilmuwan dan sejumlah unsur masyarakat menjalani Sidang Isbat Awal Syawal untuk menentukan hari H Lebaran.

Dari sidang tersebut diputuskan bulan Ramadhan tahun ini digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari setelah melalui penghitungan astronomi, bulan berada di bawah ufuk.

Selain itu, dari sejumlah perukyat yang ditempatkan di 105 titik di seluruh Indonesia tidak ada satupun yang melihat bulan baru (hilal) setelah matahari terbenam (bakda ghurub).

Sementara itu, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen Bimas Islam Kemenag), Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag. menambahkan, salah satu hadis Nabi Muhammad SAW menyerukan untuk senantiasa menjalin silaturahmi sebagai upaya untuk melapangkan rizki serta memperpanjang umur.

"Bukankah hadis nabi berbunyi barang siapa yang ingin diperluas rezkinya dan diperpanjang umurnya, maka perbanyaklah silaturahmi," kata Muhammadiyah.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih atas nama Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin karena kepada panitia ramadhan Masjid Istiqlal karena telah melayani jamaah Masjid Istiqlal dengan baik selama bulan Ramadhan.

"Sekali lagi atas nama pemerintah dalam hal ini mentri agama mengucapakan terima kasih," ucapnya.

Reporter: Yopi
Sumber: liputan6.com

Baca juga:
Sempat Bertemu Wapres JK, Ma'ruf Amin Janji Akan Bekerja Lebih Baik
Laksanakan Salat Id, Warga Padati Persimpangan Pasar Senen
Menkominfo Harap Lebaran Jadi Momen Sebar Konten Positif dan Kurangi Hoaks
Ribuan Jemaah Salat Idul Fitri Padati Masjid Istiqlal
Melihat Salat Idul Fitri di Pelabuhan Sunda Kelapa

(mdk/ang)