Menteri Agama: Kalau Sayang Orangtua dan Saudara di Kampung, Jangan Mudik

Menteri Agama: Kalau Sayang Orangtua dan Saudara di Kampung, Jangan Mudik
PERISTIWA | 28 Maret 2020 11:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau tegas kepada masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan tradisi mudik di tahun 2020. Hal ini semata untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih masif lagi di Indonesia.

"Saya kembangkan sebuah tagline kalau sayang orangtua dan saudara di kampung, jangan mudik," tegas Menag Fachrul lewat video yang disiarkan tim humas Kementerian Agama, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Menag Fachrul, mudik sebagai ajang silaturahim dalam agama memang baik adanya. Kendati demikian, dalam situasi terkait Covid-19, maka alangkah lebih baik untuk tidak dulu dilakukan karena lebih memberi manfaat kepada kemaslahatan umat.

Menag Fachrul pun menjelaskan mengapa mudik tahun ini menjadi sesuatu yang mencemaskan. Sebab dengan mudik potensi penyebaran covid-19 dapat lebih rentan dan meluas.

"Mungkin kita gak kena karena kondisi badan kita baik dan sehat tapi kalau kita mudik ke kampung maka benih virus yang tidak membuat kita sakit itu kita bawa ke kampung di kampung akan menularkan ibu dan ayah juga saudara kita," jelas dia.

"Sehingga kalau kita mudik ke kampung, kita sama saja dengan membawa penyakit untuk ibu bapak dan saudara kita di sana," imbuh dia.

Karena itu, dia meyakini pemerintah akan bersikap tegas dengan mengeluarkan keputusan yang lebih tegas terkait hal ini.

"Saya kira dalam beberapa hari kedepan ini akan ada keputusan pemerintah tentang masalah mudik ini," dia menandasi. (mdk/ded)

Baca juga:
Cegah Penyebaran Covid-19, Apkasi Imbau Warga Jangan Pulang Kampung Dulu
Pemerintah Sedang Siapkan Peraturan Larangan Mudik dan Piknik Lebaran 2020
Cegah Sebaran Corona, Prabowo Minta PNS Kemhan Tak Mudik Tahun Ini
Pandemi Corona, Pemerintah Imbau Tradisi Mudik Lebaran Tahun Ini Ditunda
Pemerintah Kaji Larang Mudik Lebaran 2020, Jika Ketahuan Pemudik Bakal Disuruh Pulang

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami