Menteri Bahlil Proyeksikan Solo Jadi Kota Pencetak SDM Unggul

Menteri Bahlil Proyeksikan Solo Jadi Kota Pencetak SDM Unggul
Menteri Investasi Bahlil Proyeksikan Solo Jadi Kota Kota Pencetak SDM Unggul. ©2022 Merdeka.com/Arie Sunaryo
NEWS | 18 Mei 2022 16:37 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berencana menjadikan Solo sebagai salah satu kota pencetak sumber daya manusia (SDM) unggul. SDM itu diproyeksikan bekerja di perusahaan-perusahaan besar yang akan berdiri di Jawa Tengah.

Rencana itu dikemukakan Bahlil di sela Forum Road to G20: Investment Forum 'Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif' di Solo, Selasa (18/5).

Menurut Bahlil, saat ini di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Batang tengah berproses menjadi salah satu pusat investasi dari perusahaan-perusahaan besar, di antaranya LG, Fosfor dan Tesla. Batang direncanakan menjadi salah satu pusat industri ramah lingkungan di Indonesia.

"Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar. Diperlukan sebuah tempat untuk menelurkan SDM-SDM unggul guna memenuhi kebutuhan tenaga ahli di perusahaan-perusahaan tersebut. Kami akan menggunakan Solo Tekno Park sebagai pusat pelatihan tersebut," ujar Bahlil.

Untuk meningkatkan kualitas skill SDM di perusahaan-perusahaan itu, pihaknya bekerja sama dengan Wali Kota Solo untuk menggunakan Solo Techno Park (STP) agar investasi berjalan baik.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga menyatakan STP akan dijadikan pusat menelurkan SDM unggul. "Solo Techno Park akan digunakan pabrik-pabriknya, bukan di Solo, tapi kami akan menggunakan Solo Techno Park untuk pelatihan-pelatihan SDM, " tutup dia.

(mdk/yan)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini