Menteri KLHK Klaim Kualitas Udara di Riau dan Kalimantan Tengah Membaik

PERISTIWA | 25 September 2019 23:14 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengklaim kualitas udara di Riau dan Kalimantan Tengah sudah mulai membaik. Menurutnya, konsentrasi titik api kebakaran hutan sudah mulai reda.

"Kalau sekarang jauh lebih baik kondisinya. Di Pekanbaru juga cukup baik, Kalteng tadi pagi bagus. Tapi tadi sore saya dapat informasi ada konsentrasi asap nanti akan saya cek lagi," kata Siti di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9).

Siti mengatakan kualitas udara di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Riau secara umum sudah lebih baik sore tadi. Namun dia tidak menampik penduduk sekitar harus waspada karena titik api masih fluktuatif.

"Memang secara umum hari ini lebih baik dari kemarin, cuma tetap harus diwaspadai fluktuasinya, fluktuasi hotspot tetap harus waspada," ungkap Siti.

Dia menjelaskan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Jumat (27/9), hujan buatan akan turun di wilayah Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu, Siti sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Bahwa hujan buatannya harus terus menerus dilakukan. Menurut data analisisnya BMKG pada tanggal 27 September, sangat mungkin sangat besar kemungkinan awan akan sangat banyak di Kalteng," kata Siti. (mdk/ray)

Baca juga:
Potret Keceriaan Anak-anak Pekanbaru di Rumah Aman Asap
60,4 Hektare Hutan Gunung Semeru Terdampak Kebakaran
30 Jadi Tersangka Karhutla di Kalimantan Timur, Belum Ada Korporasi Diperiksa
Permintaan Tabung Oksigen Meningkat di Tengah Bencana Kabut Asap
Meski Diguyur Hujan, Titik Panas di Riau Masih Terbanyak di Pulau Sumatera

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.