Menteri PMK Ungkap Banyak Negara Iri Pada Pancasila

PERISTIWA | 27 Juli 2019 04:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjadi pembicara di seminar Nasional bertajuk Manusia dan Politik Kebudayaan yang digelar Universitas Diponegoro Semarang, Jumat (26/7).

Di hadapan peserta, Puan berbicara tentang Pancasila menjadi pemersatu keberagaman kebudayaan Indonesia. Menurutnya, ideologi Pancasila yang dimiliki Indonesia membuat iri negara-negara lain.

Putri Megawati Soekarnoputri itu menceritakan, kala mendampingi presiden maupun wakil presiden ke berbagai negara, khususnya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Semua kepala negara selalu menyampaikan, Indonesia adalah bangsa yang beruntung karena ideologi Pancasila.

"Tidak semua negara bahkan tidak ada negara lain yang punya Pancasila, sudah digali dan menjadi pemersatu bangsa," ujarnya.

Puan mengatakan, dirinya merasa aneh ketika ada orang yang masih mempertanyakan Pancasila. Apalagi akhir-akhir ini, Pancasila dan ke-Islaman seperti dipertentangkan.

Padahal, menurutnya, Pancasila di dalamnya mengandung unsur-unsur ke-Islaman dan kebangsaan. Jika keduanya berdampingan dengan kokoh akan dapat mengantarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan segenap rakyatnya yang majemuk.

"Sampai kepada tujuannya yaitu suatu tatanan masyarakat adil dan makmur serta bahagia lahir batin melalui pembangunan spiritual dan material," tutup Puan.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
BJ Habibie: Pancasila dan UUD '45 Adalah Aset Bangsa Ini
Pemerintah Berencana Perketat Seleksi PNS dan TNI Terkait Radikalisme
Daripada Wajib Militer, Menhan Lebih Setuju Rakyat Memahami Pancasila
Menhan Ryamizard: Ideologi Pancasila Mulai Luntur
Romo Benny Ingatkan Teknologi Bisa Jadi Alat Pecah Belah Bangsa
Presiden Jokowi: Pancasila jadi Benteng Menghadapi Bahaya Ideologi-ideologi Lain

(mdk/fik)