Menyusul Dua Rekannya, Satu Muncikari Vanessa Angel Juga Dituntut 7 Bulan Penjara

PERISTIWA | 28 Mei 2019 16:09 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Jaksa penuntut umum menuntut Endang Suhartini alias Siska, muncikari Vanessa Angel, dengan hukuman 7 bulan penjara. Tidak hanya itu, ia juga dituntut untuk dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan. Tuntutan ini sama seperti dua rekannya yang juga muncikari Vanessa Angel pada sidang sehari sebelumnya.

Tuntutan ini dibacakan jaksa penuntut umum dalam sidang tertutup di Pengadilan Negeri Surabaya. Kuasa hukum Endang, Putu Dana mengatakan, kliennya dituntut pidana 7 bulan penjara, denda Rp 10 juta, subsider 3 bulan kurungan.

"Jaksa menuntut 7 bulan penjara. Tuntutan itu sama dengan terdakwa Nindy dan Tentri," ujarnya, Selasa (28/5).

Dalam pertimbangan jaksa, hal yang meringankan adalah terdakwa dianggap bersikap sopan di pengadilan. Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa dianggap meresahkan masyarakat. Terkait dengan tuntutan tersebut, Putu mengatakan jika pihaknya tetap akan mengajukan keberatan. Sebab, ada banyak kejanggalan terkait dengan kasus yang menimpa kliennya.

"Keberatan itu nanti kita tuangkan dalam pledoi. Sebab, sampai saat ini jaksa belum mampu mengungkap kejanggalan yang ada. Salah satunya, jaksa tidak mampu menghadirkan Rian Subroto (penyewa Vanessa Angel)," tegasnya.

Sebelumnya, dua muncikari Tentri Novanta dan Intan Permatasari Winindya alias Nindy juga dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sri Rahayu. Dalam sidang yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Surabaya itu, kedua muncikari tersebut dianggap terbukti bersalah dan melanggar pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 1 UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

"Menuntut dua terdakwa Tentri Novanta dan Intan alias Nindy terbukti bersalah dan dihukum pidana selama tujuh bulan penjara," ujar JPU Sri Rahayu, Senin, (27/5).

Ketiga muncikari kasus prostitusi online yang melibatkan artis Vanessa Angel ditangkap Polda Jatim dari tempat yang berbeda. Ketiganya adalah, Intan Permatasari Winindya Chasanovri alias Nindy, Endang Suhartini alias Siska, Tentri Novanta.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 1 UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Baca juga:
Dua Muncikari Vanessa Angel Dituntut Tujuh Bulan Penjara
Sidang Lanjutan, Tiga Muncikari Vanessa Angel Hadapi Tuntutan Jaksa
Artis Feby Febiola jadi Saksi Meringankan Vanessa Angel
Ini Pendapat Ahli ITE usai Ditunjukkan Foto Syur Vanessa Angel
Vanessa Angel: Hati Saya Semakin Hari Semakin Kecil
Bukan Rian Subroto, Ini Orang yang Pesan Hotel untuk Vanessa Angel

(mdk/noe)