Merapi Berstatus Siaga, Pemkab Klaten akan Tutup Lokasi Penambangan Pasir

Merapi Berstatus Siaga, Pemkab Klaten akan Tutup Lokasi Penambangan Pasir
PERISTIWA | 5 November 2020 17:07 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan menutup lokasi penambangan pasir yang berada di sejumlah titik lereng Gunung Merapi. Hal tersebut seiring naiknya status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga, seperti yang diumumkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mengusulkan pada Pjs Bupati agar menutup lokasi penambangan pasir.

"Kami langsung bergerak cepat mengusulkan pada Pjs Bupati Klaten agar segera menutup aktivitas penambangan pasir di lereng Gunung Merapi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sip Anwar, Kamis (5(11).

Menurutnya, keberadaan penambangan sangat berbahaya karena hanya berjarak beberapa kilometer dari puncak Gunung Merapi. Selain berbahaya lokasi tersebut juga masuk zona yang harus disterilkan saat Gunung Merapi meletus. Selain itu, pemukiman warga yang jaraknya dekat dengan Merapi juga harus ditutup.

"Penutupan daerah rawan kami lakukan untuk meminimalisir adanya korban jiwa akibat luncuran awan panas yang sewaktu-waktu bisa datang," tandasnya.

Anwar berharap daerah zona rawan segera ditutup secepatnya. Pihaknya tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di Klaten saat aktivitas Gunung Merapi meningkat.

"Kami mengimbau pada warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi untuk tetap tenang dan tidak panik dengan naiknya level status Gunung Merapi. Warga tetap menunggu perintah BPBD dan Pemkab Klaten untuk tindakan selanjutnya," tutup Anwar. (mdk/eko)

Baca juga:
Status Merapi Siaga, Sultan HB X Minta Masyarakat Tidak Perlu Panik
Berstatus Siaga, Wisatawan Diimbau Tidak Melakukan Kegiatan di Kawasan Gunung Merapi
Status Gunung Merapi Naik dari Waspada ke Siaga
Gunung Merapi Mengalami 26 Kali Gempa Guguran
BPPTKG Ungkap Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Ini Fakta Selengkapnya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami