Meriam Peninggalan Kerajaan Aceh Bakal Jadi Situs Wisata Baru di Aceh Barat

Meriam Peninggalan Kerajaan Aceh Bakal Jadi Situs Wisata Baru di Aceh Barat
PERISTIWA | 29 Juni 2020 05:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Aceh Barat memastikan tiga unit meriam diduga peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam yang ditemukan di Desa Arongan, Kabupaten Aceh Barat, akan dijadikan situs sejarah baru.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berkomitmen menjaga benda-benda situs bersejarah ini agar tidak rusak, kami ingin benda-benda ini agar terpelihara dengan baik," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Aceh Barat, Cut Nila Vaulina, Ahad di Meulaboh. Seperti dilansir Antara, Minggu (28/6).

Situs bersejarah ini berupa tiga buah meriam dan sisa puing bangunan diduga peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Setelah melakukan peninjauan langsung di lokasi, pihaknya berkesimpulan bahwa situs sejarah tersebut harus dijaga dan dilestarikan karena peninggalan tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Namun, saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Barat masih terus berusaha mencari keluarga pewaris tiga unit meriam tersebut, agar nantinya benda bersejarah ini dapat terpelihara dengan baik.

Selain itu, keberadaan meriam tersebut nantinya akan menjadi lokasi wisata sejarah baru di Aceh Barat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini, untuk mengetahui sejarah Kerajaan Aceh Darussalam di bawah Kesultanan Sultan Iskandar Muda, katanya.

"Semoga akan ada kesepakatan bersama antara Pemkab Aceh Barat dengan keluarga pewaris meriam ini, sehingga ada solusi terkait penanganan situs meriam Kesultanan Iskandar Muda ini," kata Cut Nila Vaulina. (mdk/noe)

Baca juga:
4 Fakta Situs Gunung Gamping, Batu Kapur Berusia Puluhan Juta Tahun di Sleman
Pertama di Indonesia, Ini 4 Fakta Stasiun Samarang yang Kini Telah Hilang
Warga Kediri Temukan Tiga Sumur Kuno Diduga Peninggalan Era Majapahit
Mengunjungi Istana Alhambra, Jejak Kejayaan Islam di Spanyol
4 Fakta Candi Abang, Gundukan Tanah yang Berbentuk Seperti Piramida
Kisah Penemuan Harta Karun di Blora, Bekas Hunian Kuno Zaman Hindu-Buddha

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami