Meski Banjir, Warga Kabupaten Bandung Tetap Sukseskan Pemilu 2019

PERISTIWA | 18 April 2019 07:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Proses pemungutan suara di beberapa wilayah rawan banjir di Kabupaten Bandung berjalan lancar. Banjir tidak mengurangi tingkat partisipasi masyarakat untuk mencoblos.

"Tadi saya sudah datang dengan Forkopimda, ada dua TPS sudah bergeser ke tempat aman," kata Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqy Ali Mubarok menegaskan di Bandung, Rabu (17/4).

Rifqy tak memungkiri jika ada sebagian warga yang akan menggunakan hak pilihnya terpaksa menggunakan perahu menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Karena berpindah, jarak pemilih dari pemukiman ke TPS itu jauh. Maka kemudian kita harus menyediakan transportasi, kita berkoordinasi dengan BPBD, TNI, Polri dan SAR untuk menyiapkan perahu karet dan sebagainya, akhirnya tadi antar jemput," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 210 TPS di Kabupaten Bandung juga telah direlokasi ke tempat lain karena banjir belum surut. Namun, karena kesigapan petugas dan panitia penyelenggara, pemilih pun dapat menggunakan suaranya di pemilu kali ini.

"Tadi angka partisipasinya cukup besar, walaupun harus menggunakan perahu karet. Rata-rata hampir 200 orang per TPS yang memilih," kata Rifqy.

Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
KPU: 2.249 TPS Tidak Dapat Lakukan Pemungutan Suara 17 April 2019
Bawaslu Dapati 3.066 Pelanggaran, Ada KPPS Coblos Sendiri Sisa Surat Suara
AHY Kawal Suara Demokrat di Pemilu 2019
Akui Kalah di Pemilu 2019 Versi Quick Count, PSI Tunjukkan Budaya Baru
Prabowo Unggul di Situs Resmi, KPU Tegaskan Belum 1 Persen Suara Masuk
Superhero ikut 'Amankan' Pencoblosan Pemilu di TPS

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.