Meski Terpapar Covid-19, Gibran Tetap Bekerja Secara Virtual

Meski Terpapar Covid-19, Gibran Tetap Bekerja Secara Virtual
gibran nyatakan positif corona. ©2021 Merdeka.com/istimewa
NEWS | 14 Juli 2021 17:40 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Meskipun terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tetap menjalankan tugas-tugasnya di pemerintahan. Gibran juga masih aktif memimpin rapat dan berkoordinasi dengan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) secara virtual.

"Selama saya dalam masa isolasi, saya masih bekerja seperti biasa. Ini pekerjaan-pekerjaan, nota-nota dinas ini masih saya jalankan semua. Saya juga masih aktif, setiap hari memimpin rapat melalui Zoom, koordinasi dengan kepala-kepala OPD. Besok Jumat saya juga menghadiri rapat paripurna melalui Zoom. Semoga nanti diizinkan oleh Ketua DPRD untuk membacakan nota penjelasan via Zoom," ujar Gibran saat konferensi pers virtual, Rabu (14/7).

Gibran juga mengaku tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat termasuk dengan Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan lainnya.

"Setiap hari saya masih bekerja seperti normal. Memimpin rapat, berkoordinasi dengan semua, Pak Wakil Wali Kota dan Pak Sekda. Beliau berdua akan lebih aktif untuk turun ke lapangan," tuturnya.

Ia juga menyampaikan pesan kepada wakil wali kota maupun Sekda, bahwa pelayanan publik tidak boleh putus dalam kondisi apapun.

"Saya juga masih bekerja 24 jam untuk warga Solo. Yang namanya pelayanan publik tidak boleh putus. Saya mohon dukungan dan doanya agar saya selalu diberikan kesehatan. Saya juga mohon bapak, ibu, untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Dan saya yakin kita bisa melewati ini semua," katanya.

Selain bekerja normal, Gibran juga tidak meninggalkan kebiasaan untuk membagikan sembako. Meski tidak bisa dilakukan sendiri, pembagian sembako dilakukan oleh sopir dan ajudan.

"Alhamdulillah ajudan, sopir masih negatif jadi mereka tetap kerja. Ini tiap hari ajudan tiap hari tak suruh muter keliling Solo untuk membagikan sembako. Jadi yang namanya pekerjaan tidak boleh berhenti," bebernya.

Terkait isolasi mandiri yang dilakukan, Gibran enggan menjelaskan secara rinci. Namun ia memastikan sudah memisahkan diri dengan istri dan kedua anaknya yang tidak tertular. Ia berharap isolasi mandiri akan berakhir pekan depan.

Diberitakan sebelumnya, Gibran menyatakan dirinya positif Corona sesuai hasil tes PCR di RSBK Senin lalu.

"Selama ini saya kan rutin swab antigen. Kebetulan kemarin negatif. Saya enggak percaya, lalu saya suruh teman-teman dari RSBK (Rumah Sakit Bung Karno) untuk PCR. Lalu hasilnya positif," ujar Gibran.

Gibran mengaku dalam beberapa hari terakhir sering mengunjungi tempat-tempat rawan penularan Covid-19. Seperti rumah sakit, tempat vaksinasi dan lainnya. Kendati demikian dia tak mengetahui tertular dari mana. Ia juga bersyukur seluruh orang dekatnya tidak ada yang tertular.

"Saya dalam keadaan sehat, tidak ada gejala apapun. Anak, istri, ajudan, driver semuanya negatif," katanya. (mdk/cob)

Baca juga:
Prabowo Tinjau Kesiapan Pusdiklat Jemenhan Jadi RS Satelit Penanganan Pasien Covid
Syahrul Limpo: Covid-19 Tak Lihat Agamamu, Pejabat atau Bukan, Semua Disikat
Pemkot Samarinda Bolehkan Warganya Salat Iduladha Berjemaah
Erick Thohir Pastikan BUMN Fokus Tangani Pandemi Covid-19
Update Kasus Covid-19 di Indonesia Per 14 Juli 2021, Jakarta Tertinggi
Kemenkes Perluas Layanan Telemedicine & Obat Gratis Pasien Isoman ke Bodetabek

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami