Mewakili Pemerintah dan Rakyat Timor Leste, Xanana Ziarah ke Makam BJ Habibie

PERISTIWA | 15 September 2019 12:35 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao berziarah ke makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Taman Makanan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/8). Xanana datang sekitar pukul 10.00 WIB.

Xanana sempat menabur bunga dan mendoakan Habibie di tempat peristirahatan terakhirnya. Dirinya datang mewakili pemerintah Timor Leste yang menyampaikan rasa duka mendalam.

"Kemarin saya membawa pesan satu surat yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Timor Leste untuk menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya. Oleh karena itu saya ke sini ini bukan hanya sebagai pribadi, atas nama pribadi, tetapi mewakili pemerintah pemerintah dan rakyat Timor Leste," Xanana.

Kedatangan Xanana diikuti 70 mahasiswa Timor Leste. Mereka menyampaikan penghormatan terakhir kepada Habibie serta memberi pesan bahwa anak Timor Leste juga belajar di Indonesia.

"Mereka ke sini mengatasnamakan teman-teman mereka yang sekarang di Bali, Bandung, Jogja, Surabaya dan beberapa tempat di Indonesia. Saya tidak bawa, mereka yang ke sini. Mereka tahu saya akan ke sini," ucapnya.

Di antara mahasiswa itu, merupakan pendiri satu organisasi mahasiswa bernama Resistencia Nasional Estudante Timor Leste di Indonesia. Para mahasiswa itu menimba ilmu di Indonesia supaya kelak kembali ke Timor Leste bisa membangun negaranya.

"Karena dari situ 70 tahun yang lalu, mereka bisa menikmati sekarang kebebasan dan bisa juga ikuti langkah-langkah dari yang sudah tua-tua ini," ucapnya.

Xanana pun menjelaskan mengapa dirinya baru sempat berziarah ke makam Habibie. Dia mengatakan, perjalanan dari Timor Leste ke Indonesia jauh serta ada perbedaan waktu.

"Kita bukan di Bandung, kita di Timor Leste itu jauh. Bukan hanya jauh, pesawatnya hanya siang dan waktu kita dengar, saya juga tidak begitu mengerti, meninggal sore, pagi kita dengar bahwa siang hari sudah akan dikuburkan. Kalau kita ambil pesawat di sana jam 1 sore, jam 1 sore, sampai ke sini sudah jam 7 malam," tukasnya.

Baca juga:
Ilham Habibie Berziarah ke Makam BJ Habibie
Xanana soal Video Peluk Habibie di RS: Fakta Ekspresikan Lebih dari Kata-Kata
Mewakili Pemerintah dan Rakyat Timor Leste, Xanana Ziarah ke Makam BJ Habibie
Xanana Gusmao dan Rakyat Timor Leste Berziarah ke Makam BJ Habibie
Makam BJ Habibie Diserbu Warga Berswafoto, Mensos Tempatkan 2 Penjaga Keamanan
Xanana Sampaikan 2 Pucuk Surat dan Cerita Penyesalan Tak Sempat Bertemu BJ Habibie

(mdk/ded)